Logo

SUSTAINABLE PRODUCT DESIGN FOR MOTOR CYCLE CAST WHEEL USING FINITE ELEMENT APPLICATION AND PUGH’S CONCEPT SELECTION METHOD

Willyanto, and PISA, BILLY FERNANDO and Susilo, Sugeng Hadi (2011) SUSTAINABLE PRODUCT DESIGN FOR MOTOR CYCLE CAST WHEEL USING FINITE ELEMENT APPLICATION AND PUGH’S CONCEPT SELECTION METHOD. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 6, 16-06-2011 - 16-06-2011, Surabaya - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (10Mb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (80Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (646Kb) | Preview

        Abstract

        Cast wheel pada sepeda motor adalah kerangka dari sebuah ban yang menahan gaya dan tegangan akibat dari berat kendaraan dan impak atau pukulan dari permukaan jalan. Pukulan dari permukaan jalan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tegangan dan deformasi pada cast wheel. Kekuatan cast wheel dalam menerima tegangan dipengaruhi oleh jumlah spoke. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu analisa jumlah spoke pada motor cycle cast wheel. Dalam penelitian dilakukan analisa pengaruh jumlah spoke 3, 5, dan 7 pada motor cycle cast wheel. Tegangan maksimum dan deformasi yang terjadi pada cast wheel dapat diketahui dengan mengggunakan bantuan software ANSYS yang berbasis finite element method. Dalam proses pengembangan motor cycle cast wheel jika tidak disertai dengan analisa desain yang baik untuk mendapatkan suatu desain akhir yang optimal, maka proses desain menjadi berkepanjangan. Industri motor cycle cast wheel lokal lebih banyak menggunakan trial and error dalam pengembangan desain produknya (Zuliantonil, 2007). Trial and error ini mengakibatkan penambahan material uji, biaya dan tenaga yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Cara trial and error dalam pengembangan motor cycle cast wheel adalah cara yang bertentangan dengan prinsip-prinsip sustainable product design. Untuk melakukan pengembangan desain baru motor cycle cast wheel tidak dapat lagi menggunakan cara trial and error karena memerlukan waktu, biaya dan tenaga manusia yang banyak dan sangat tidak produktif. Untuk memudahkan proses desain dan pengujian, digunakan software ANSYS yang berbasis finite element method untuk menganalisa struktur motor cycle cast wheel. Pada penelitian kekuatan dan deformasi pada motor cycle cast wheel ini telah berhasil ditemukan tegangan maksimum dan deformasi maksimum yang terjadi dari spoke number 3, 5, dan 7 yaitu tegangan maksimum sebesar 1.43 x 108 Pa dan deformasi maksimum yang terjadi sebesar 0.0010939 m. Motor cycle cast wheel dengan spoke number 7 adalah desain yang paling baik dan optimal berdasar pemilihan desain dengan menggunakan sustainable product design using finite element application and Pugh’s concept selection method.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Sustainable Product Design, Finite Element Application, Pugh’s Concept Selection Method, Spoke, motor cycle cast wheel
        Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 08 Jun 2016 18:15
        Last Modified: 12 Oct 2018 11:24
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17386

        Actions (login required)

        View Item