Logo

SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT MESIN SHRINK TUNNEL BOTOL POLYETHELIN THERETALATE DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY

Anggono, Willyanto and Jonoadji, Ninuk and Nurhalim, Andrianto (2009) SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT MESIN SHRINK TUNNEL BOTOL POLYETHELIN THERETALATE DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 4, 30-06-2009 - 30-06-2009, - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (3795Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (78Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (647Kb) | Preview

        Abstract

        Teknologi yang digunakan untuk proses packaging pada saat ini sangat maju, terutama pada proses pemasangan label pada botol. Kondisi ini dapat dilihat pada produk yang beredar di pasar dengan kemasan yang sangat menarik. Jenis botol yang digunakan adalah jenis plastik Polyethelin Theretalate (PET). Pada saat ini yang menjadi kendala adalah pemasangan label pada botol (labeling) yang memiliki kualitas yang kurang baik. Masalah ini disebabkan karena pekerja menata botol didalam shrink tunnel kurang berhati-hati, misalnya: jarak antar botol saling berhimpit dan panas yang diterima oleh shrink label tidak dapat tersalurkan dengan sempurna. Dengan adanya permasalahan diatas maka perlu dilakukan pembuatan mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate. Permasalahan yang dihadapi dalam melakukan pembuatan mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate adalah perlu dilakukan uji coba saat pembuatan mesin yang memerlukan banyak waktu, tenaga dan biaya serta untuk memahami performasi mesin selama proses desain berlangsung sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini disebabkan oleh karena sangat sulit untuk melakukan visualisasi desain mesin selama proses desain berlangsung. Cara tersebut diatas kurang sesuai dengan prinsip sustainable product development atau pengembangan produk berkesinambungan. Virtual reality adalah menampilkan performansi dari suatu produk dengan cara melakukan visualisasi secara virtual sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan menggunakan bantuan komputer selama proses desain produk berlangsung (Anggono, 2008). Untuk memprediksi performansi mesin shrink botol tunnel Polyethelin Theretalate selama proses desain dapat dilakukan dengan menggunakan virtual reality. Pada penelitian ini, telah berhasil dibuat desain mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate berkapasitas 150 botol per menit menggunakan prinsip sustainable product development dengan virtual reality design. Dengan adanya desain mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate menggunakan virtual reality, visualisasi performansi mesin selama proses desain dapat dilakukan. Desain mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate menggunakan virtual reality merupakan cara desain mesin yang berkesinambungan (sustainable product development).

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: sustainable product development, virtual reality, mesin shrink tunnel botol Polyethelin Theretalate, performansi.
        Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 08 Jun 2016 15:57
        Last Modified: 19 Jul 2019 06:52
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17389

        Actions (login required)

        View Item