Logo

DESAIN PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM ELEKTROMAGNETIK REGENERATIVE SHOCK ABSORBER UNTUK MEMBANTU PROSES RECOVERY PADA BATERAI MOBIL

Siahaan, Ian Hardianto and KUNCORO, ALBERTUS KENNY (2015) DESAIN PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM ELEKTROMAGNETIK REGENERATIVE SHOCK ABSORBER UNTUK MEMBANTU PROSES RECOVERY PADA BATERAI MOBIL. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 10, 13-08-2015 - 13-08-2015, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (368Kb)
    Official URL: www.petra.ac.id

    Abstract

    Terobosan yang paling baru saat ini adalah teknologi mobil hybrid, dimana bahan bakar utamanya adalah bensin dan listrik yang diperoleh dari energi sisa yang terbuang yang dimanfaatkan kembali untuk menggerakkan generator sehingga dapat menghasilkan energi listrik untuk mengisi cadangan baterai sehingga dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Terinspirasi dari ide tersebut penelitian ini mengembangkan sistem regenerative shock absorber dengan memanfaatkan medan listrik yang dihasilkan dari gerakan naik dan turun kendaraan akibat respon getaran yang timbul pada saat melintasi permukaan jalan yang tidak rata yang dalam hal ini dapat menyuplai asupan energi listrik pada baterai. Selain dari inspirasi tersebut penelitian mencoba rmengatasi permasalahan dimana seringnya pemilik kendaraan lalai mematikan kendaraan sehingga aki menjadi tekor karena dibiarkan lama dan tidak dikendarai yang memicu kurangnya pasokan listrik pada aki sehingga menyebabkan kendaraan sulit dinyalakan kembali.Pada penelitian ini shock absorber yang digunakan menggunakan material stainless steel dan besi yang meliputi cover chamber dan center rod, sedangkan untuk menciptakan induksi elektromagnetik menggunakan magnet, kawat tembaga, dioda dan kapasitor. Magnet yang digunakan pada percobaan menggunakan besi buatan yang berbentuk lingkaran berongga. Lilitan yang digunakan berbahan tembaga dengan komposisi lilitan yang dipakai kawat tembaga yang memiliki ketebalan 0.12 mm dengan jumlah lilitan � 5000 yang dililit secara bertumpukan dan rapat. Dioda yang dibuat sebagai percobaan ada 4 biji dengan masing-masing spesifikasi 1 Ampere, sedangkan kapasitor 1 buah dengan spsesifikasi 1 mikro farad. Berdasar hasil pengujian pada prototipe dihasilkan tegangan dengan total 2,66 V dan jenis tegangan sewaktu diukur adalah tegangan AC (bolak balik). Dengan bantuan dioda 4 buah perubahan tegangan dari AC menjadi DC. Dari hasil diatas, dari hasil percobaan prototipe tanpa dioda didapatkan hasil tegangan maksimum sebesar 2,66 V dengan jenis tegangan AC. Dan setelah penambahan dioda dan tegangan berubah menjadi DC dan terukur sebesar 1,52 V dikarenakan dioda tersebut memiliki nilai resistansi sebesar 0,75 sehingga hasil tegangan AC yang terukur dikalikan dengan nilai resistansi tersebut sehingga menghasilkan tegangan DC yang lebih kecil dari tegangan AC dikarenakan resistansi dari dioda tersebut. Dari hasil percobaan pada prototipe, untuk mencapai sebuah tegangan yang direkomendasikan menjadi lebih besar bisa dilakukan penggantian magnet dengan medan magnet yang lebih besar dan jumlah lilitan yang diperbanyak akan membantu meningkatkan tegangan yang dihasilkan dari prototipe ini.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Diajukan
    Uncontrolled Keywords: Regenerative Shock absorber, diode, induksi elektromagnetik.
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 08 Jun 2016 18:04
    Last Modified: 27 Jun 2016 22:20
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17401

    Actions (login required)

    View Item