Logo

Perilaku variasi kadar air pada tanah ekspansif serta perannya terhadap nilai faktor adhesi dari daya dukung terhadap friksi pada pondasi tiang

Indarto, Indarto and Tjandra, Daniel and Soemitro, Ria Asih Aryani Perilaku variasi kadar air pada tanah ekspansif serta perannya terhadap nilai faktor adhesi dari daya dukung terhadap friksi pada pondasi tiang. In: 18th Annual National Conference on Geotechnical Engineering, 11-12 November 2016, Jakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (1128Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (52Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (642Kb) | Preview

        Abstract

        Pada zone aktif tanah ekspansif dapat mengalami fase dari keadaan cair sampai padat, atau sebaliknya. Keadaan ini akan berpengaruh terhadap daya dukung friksi pada tiang, serta seluruh parameter yang mempengaruhinya khususnya, nilai kohesi dan faktor adhesi dari tanah. Dalam makalah ini dilakukan percobaan variasi kadar air serta akibatnya terhadap faktor adhesi tiang pada tanah ekspansif . Pengukuran faktor adhesi dilakukan baik dengan model di lapangan maupun model laboratorium, dengan menggunakan material tiang dari baja dan beton. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada kadar air jenuh nilai faktor adhesi  untuk tiang beton menunjukkan nilai yang relatif konstan (pada nilai sekitar 0,9), nilai ini kemudian menurun sedikit tajam (pada nilai sekitar 0,6) pada saat tanah memasuki air entry value, nilai ini kemudian naik kembali (pada nilai sekitar 0,8) pada kadar air setelah melampaui batas plastis, untuk seterusnya nilai ini terlihat konstan sampai pada kadar air batas susut. Disisi lain pada rentang yang sama dimana faktor adhesi pada tiang beton menunjukkan penurunan, faktor adhesi  pada bahan tiang baja justru meningkat tajam. Nilai ini kemudian turun kembali untuk berimpit dengan nilai faktor adhesi  dari tiang beton.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
        Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
        Depositing User: I Ketut Bagiartha
        Date Deposited: 13 Dec 2016 12:28
        Last Modified: 10 Oct 2019 08:27
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17478

        Actions (login required)

        View Item