Logo

IMPLEMENTASI PENYIARAN INTERAKTIF TERHADAP PENGELOLAAN PRODUKSI KONTEN

Hadi, Ido Prijana (2015) IMPLEMENTASI PENYIARAN INTERAKTIF TERHADAP PENGELOLAAN PRODUKSI KONTEN. In: 2nd Conference on Communication, Culture, and Media Studies , 12-08-2015 - 12-08-2015, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (3767Kb)

    Abstract

    Keberadaan media siaran awalnya lebih bersifat linier (saluran penyebaran informasi searah, indoktrinatif, penyuluhan) dalam perkembangannya telah menjadi model komunikasi yang menggunakan pendekatan dialogis atau interaktif. Radio SS telah menjadi sebuah media informasi interaktif bagi pendengarnya, dimana siaran interaktif memiliki keunikan dibanding radio lain. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif konstruktivis, pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dimana berusaha memfokuskan pada pemahaman-pemahaman mendalam dari keunikan kasus itu sendiri. Subyek penelitian sekaligus unit analisis adalah narasi-narasi kisah yang diperoleh dari individu yang menjadi partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyiaran interaktif berimplikasi terhadap pengelolaan produksi konten dengan menjadikan siaran interaktif sebagai format siaran, bukan sekedar program acara. Format interaktif diterapkan untuk semua segmen program acara siaran, dan siaran interaktif meniadakan konsep “programming” pada umumnya seperti format “clock”, karena interaktif “unpredictable”. Peran tim “gatekeeper” sebagai editor siaran on-air menjadi tumpuan harapan siaran. Partisipasi pendengar sebagai sumber dan pemasok informasi untuk sesama pendengar, menempatkan pendengar sebagai kunci kecepatan informasi. Pendengar menjadi aktor-aktor penting dan menentukan dalam siaran interaktif.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Konferensi dilangsung pada 12 Agustus 2015, dimana artikel akan dipublikasikan dalam bentuk book chapter, sudah melalui proses editing namun sampai diunggah di laman sim belum ada kata sepakat dengan penerbit di Yogyakarta.
    Uncontrolled Keywords: Siaran interaktif, produksi konten, konvergensi media
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 04 Sep 2016 19:56
    Last Modified: 29 Sep 2016 18:04
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17490

    Actions (login required)

    View Item