Logo

Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya

Wijaya, Serli and Winargo, Tessa (2016) Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya. KINERJA: Journal of Business and Economics, 20 (2). pp. 105-116. ISSN 0853-6627

[img]
Preview
PDF (cek plagiasi)
Download (86Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (5Mb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peer review - Serli Wijaya)
      Download (1105Kb) | Preview

        Abstract

        Pertumbuhan jumlah wirausaha skala mikro kecil dan menengah di Surabaya mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor daya dorong dan daya tarik yang mempengaruhi motivasi wirausahawan menjalankan bisnis di sektor jasa makanan di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada 100 wirausahawan yang berlokasi di berbagai pusat kuliner di Surabaya. Secara keseluruhan, hasil penelitian mengungkap delapan faktor baru yang memotivasi responden untuk berwirausaha. Ketidakpuasan responden terhadap pekerjaan sebelumnya merupakan satu faktor daya dorong, sebaliknya, tujuh faktor lainnya yang menjadi daya tarik antara lain: 1) dorongan keberhasilan ekonomi; 2) keyakinan pada kemampuan diri; 3) harga diri; 4) tanggung jawab sosial; 5) kebebasan mengelola bisnis; 6) kesukaan terhadap pekerjaan yang ditekuni; serta 7) model panutan.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: motivasi berwirausaha, usaha skala mikro, motivasi daya dorong-daya tarik, jasa makanan
        Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
        Divisions: Graduate Program > Economic Management
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 29 Dec 2016 14:09
        Last Modified: 28 May 2022 11:12
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17541

        Actions (login required)

        View Item