Logo

Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya

Wijaya, Serli and Winargo, Tessa (2016) Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya. KINERJA: Journal of Business and Economics, 20 (2). pp. 105-116. ISSN 0853-6627

[img] PDF
Download (887Kb)

    Abstract

    Pertumbuhan jumlah wirausaha skala mikro kecil dan menengah di Surabaya mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor daya dorong dan daya tarik yang mempengaruhi motivasi wirausahawan menjalankan bisnis di sektor jasa makanan di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada 100 wirausahawan yang berlokasi di berbagai pusat kuliner di Surabaya. Secara keseluruhan, hasil penelitian mengungkap delapan faktor baru yang memotivasi responden untuk berwirausaha. Ketidakpuasan responden terhadap pekerjaan sebelumnya merupakan satu faktor daya dorong, sebaliknya, tujuh faktor lainnya yang menjadi daya tarik antara lain: 1) dorongan keberhasilan ekonomi; 2) keyakinan pada kemampuan diri; 3) harga diri; 4) tanggung jawab sosial; 5) kebebasan mengelola bisnis; 6) kesukaan terhadap pekerjaan yang ditekuni; serta 7) model panutan.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: motivasi berwirausaha, usaha skala mikro, motivasi daya dorong-daya tarik, jasa makanan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 29 Dec 2016 14:09
    Last Modified: 03 Apr 2017 07:07
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17541

    Actions (login required)

    View Item