Logo

Brand dan Reputasi Bangsa melalui PR Internasional

Vidyarini, Titi Nur (2017) Brand dan Reputasi Bangsa melalui PR Internasional. [UNSPECIFIED]

[img]
Preview
PDF
Download (737Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (2247Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peer review - Titi Nur Vidyarini)
      Download (1191Kb) | Preview

        Abstract

        Public relations secara esensi adalah pengelolaan komunikasi antara organisasi dan publiknya. PR Internasional dilakukan oleh organisasi/negara menyasar publik yang berada di luar negara tersebut, dengan tujuan untuk pencapaian obyektif negara tersebut tanpa menyakiti kepentingan negara sasaran. Dua ranah PR Internasional yang dibahas adalah diplomasi publik dan destination/place branding, dimana bidang komunikasi beririsan dengan marketing dan politik. Kedua istilah tersebut bukan istilah baru, namun masih relevan dalam kondisi saat ini. Paper ini ditulis untuk melihat bagaimana PR Internasional dapat dilakukan khususnya untuk Indonesia, dimana masyarakat dilibatkan secara aktif dalam proses pembentukan reputasi nasional dan internasional. Program Nawa Cita Jokowi dibahas secara singkat untuk memberikan gambaran latar belakang dari PR Internasional yang dapat dilakukan Indonesia. PR Internasional dilakukan melalui proses yang terencana, melibatkan berbagai komponen bangsa, dengan kompetensi komunikasi antar budaya, memaksimalkan competitive identity negara dan mengidentifikasi publik sasaran yang sesuai. Proses PR Internasional bukanlah peristiwa berakibat perubahan reputasi secara singkat, bersifat kompleks dan memerlukan kerjasama dari berbagai sektor.

        Item Type: UNSPECIFIED
        Subjects: H Social Sciences
        Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 30 Oct 2017 20:32
        Last Modified: 28 May 2022 11:34
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17695

        Actions (login required)

        View Item