Logo

Mencapai Financial Well-being melalui Peran Financial literacy bagi Masyarakat Indonesia

Wahyudi, Raymond and Linawati, Nanik (2017) Mencapai Financial Well-being melalui Peran Financial literacy bagi Masyarakat Indonesia. In: Festival Riset Akuntansi, 19-10-2017 - 19-10-2017, Solo - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (9Mb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi - Nanik)
    Download (1827Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peer review - Nanik)
      Download (862Kb) | Preview

        Abstract

        Literasi keuangan (financial literacy) memegang peran kunci dalam pencapaian kemapanan finansial (financial wellbeing). Literasi keuangan akan membantu seseorang untuk memiliki tujuan-tujuan keuangan yang terarah dan runtut berdasarkan skala prioritas. Literasi keuangan akan membantu seseorang untuk mengendalikan cara membelanjakan uang, agar berdasarkan kebutuhan (need) dan bukan keinginan (want). Apabila seseorang telah mampu mengendalikan cara membelanjakan uangnya (spending) dengan bijak, maka kemapuan menyisihkan penghasilan untuk ditabung akan terus tumbuh. Kemampuan untuk menabung secara berkesinambungan akan memungkinkan seseorang untuk menginvestasikan sebagian penghasilannya. Kebiasaan berinvestasi akan memungkinkan seseorang untuk meraih seluruh tujuan keuangannya, yang dikenal dengan kemapanan finansial (financial wellbeing). Namun berdasarkan data financial literacy di Indonesia, ditemukan financial lteracy masyarakat Indonesia masih terkonsentrasi pada produk perbankan. Sementara financial literacy masyarakat Indonesia pada produk pasar modal dan asuransi masih rendah. Bercermin pada data financial lteracy, maka dapat diketahui bahwa pencapaian kemapanan finansial di Indonesia masih menghadapi hambatan yang cukup besar. Perjalanan sosialisasi financial lteracy masih perlu terus dilakukan secara berkesinambungan, agar harapan tercapainya masyarakat Indonesia yang mapan secara finansial dapat tercapai.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan (financial literacy) memegang peran kunci dalam pencapaian kemapanan finansial (financial wellbeing). Literasi keuangan akan membantu seseorang untuk memiliki tujuan-tujuan keuangan yang terarah dan runtut berdasarkan skala prioritas. Literasi keuangan akan membantu seseorang untuk mengendalikan cara membelanjakan uang, agar berdasarkan kebutuhan (need) dan bukan keinginan (want). Apabila seseorang telah mampu mengendalikan cara membelanjakan uangnya (spending) dengan bijak, maka kemapuan menyisihkan penghasilan untuk ditabung akan terus tumbuh. Kemampuan untuk menabung secara berkesinambungan akan memungkinkan seseorang untuk menginvestasikan sebagian penghasilannya. Kebiasaan berinvestasi akan memungkinkan seseorang untuk meraih seluruh tujuan keuangannya, yang dikenal dengan kemapanan finansial (financial wellbeing). Namun berdasarkan data financial literacy di Indonesia, ditemukan financial lteracy masyarakat Indonesia masih terkonsentrasi pada produk perbankan. Sementara financial literacy masyarakat Indonesia pada produk pasar modal dan asuransi masih rendah. Bercermin pada data financial lteracy, maka dapat diketahui bahwa pencapaian kemapanan finansial di Indonesia masih menghadapi hambatan yang cukup besar. Perjalanan sosialisasi financial lteracy masih perlu terus dilakukan secara berkesinambungan, agar harapan tercapainya masyarakat Indonesia yang mapan secara finansial dapat tercapai.
        Subjects: H Social Sciences > HG Finance
        Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 23 Oct 2017 23:07
        Last Modified: 28 Jul 2022 15:19
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17763

        Actions (login required)

        View Item