Logo

Persepsi dan Preferensi Wajib Pajak Terhadap Praktisi Pajak: Agent of Compliance atau Agent of Client? Studi Mix Method

Mangoting, Yenni and BENATA, CORY (2017) Persepsi dan Preferensi Wajib Pajak Terhadap Praktisi Pajak: Agent of Compliance atau Agent of Client? Studi Mix Method. In: Simposium Nasional Akuntansi XX Universitas Jember, 27-30 September 2017, 30-09-2017 - 30-09-2017, Jember - Indonesia.

[img] PDF
Download (736Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris hubungan persepsi dan preferensi wajib pajak terhadap praktisi pajak dan mengetahui peran praktisi pajak dalam kepatuhan wajib pajak. Metode penelitian menggunakan mix method dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan Pearson Product Moment Correlation, sedangkan analisis kualitatif menggunakan pendekatan interpretatif. Sample penelitian kuantitatif adalah 100 wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha dan menggunakan jasa praktisi pajak dan informan praktisi pajak sebagai sumber data penelitian kualitatif. Hasil uji Pearson Product Moment Correlation menunjukkan adanya korelasi positif signifikan antara persepsi terhadap preferensi wajib pajak. Korelasi tersebut menunjukkan bahwa preferensi wajib pajak tentang praktisi pajak adalah sama dengan persepsinya. Hasil penelitian kualitatif sebagai komplementari menjelaskan keberadaan tiga karakter praktisi pajak yang teridentifikasi dalam penelitian ini, yaitu honest, creative, dan machiavellian yang menjelaskan peran praktisi pajak dalam kepatuhan wajib pajak.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: praktisi pajak, wajib pajak, mix method
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Faculty of Economic > Accounting Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
    Last Modified: 25 Jun 2018 19:54
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17835

    Actions (login required)

    View Item