Logo

PELAKSANAAN PROGRAM TOL LAUT PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIA

Andilas, Devi Destiani and YANGGANA, LIANA ANGELIA (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TOL LAUT PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIA. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, Vol. 0 (No. 01). pp. 1-8. ISSN ISSN 2355-4721

[img] PDF
Download (348Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (50Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (638Kb) | Preview

        Abstract

        Tol Laut merupakan salah satu program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi disparitas harga yang terjadi antara wilayah Barat Indonesia (terutama pulau Jawa) dengan wilayah Timur Indonesia dengan memanfaatkan transportasi laut. Pemerintah menunjuk PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) untuk menjalankan program Tol Laut mulai November 2015 dengan menyediakan kapal dengan sistem berjadwal dari wilayah Barat Indonesia ke wilayah Timur Indonesia dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan program tol laut PT PELNI yang ditinjau dari aspek rute, frekuensi, dan volume yang diangkut kapal, yang dibatasi hanya untuk rute dari Surabaya ke Indonesia Timur. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rute dan frekuensi tol laut berjalan dengan konsisten, sedangkan volumenya mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan saat pertama kali dijalankan. Ketiga aspek tol laut ini (rute, frekuensi, dan volume) juga saling memengaruhi satu sama lain, untuk itu disarankan agar pemerintah lebih meningkatkan efisiensi ketiga aspek tersebut, agar tujuan Tol Laut untuk mengurangi disparitas harga di kawasan Timur Indonesia dapat tercapai dengan maksimal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program Tol Laut tidak pernah mengambil rute komersial milik perusahaan pelayaran swasta.

        Item Type: Article
        Additional Information: jurnal dapat pula di akses melalui google schollar dengan mengetik judul/nama peneliti. jenis luaran lain-lain saya isi karena tidak dapat dikosongkan, sebenarnya tidak ada luaran lain-lain.
        Uncontrolled Keywords: tol laut, rute, frekuensi, volume
        Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
        Divisions: Faculty of Economic > Tourism & Leisure Management Program
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 20 Jun 2017 22:56
        Last Modified: 13 Sep 2018 11:44
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17880

        Actions (login required)

        View Item