Logo

Pengaruh earning management terhadap tuntutan hukum kepada auditor menurut persepsi auditor pada perusahaan manufaktur dan non manufaktur

Rehatta, Wendy Victorya (2006) Pengaruh earning management terhadap tuntutan hukum kepada auditor menurut persepsi auditor pada perusahaan manufaktur dan non manufaktur. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen untuk memenuhi kepentingan investor, kreditor, dan pemerintah yang dipakai dalam pengambilan keputusan. Sebagai dasar pengambilan keputusan, maka informasi yang terkandung haruslah dapat dipercaya. Namun demikian, pada prakteknya laporan keuangan seringkali disalahgunakan dan disajikan salah oleh manajer dengan melakukan earning management. Praktek earning management dapat menurunkan kualitas laporan keuangan suatu perusahaan dan dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan, karena informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Untuk itu, auditor yang bertugas dalam memeriksa laporan keuangan klien haruslah memiliki kualitas dan dapat membatasi praktek earning management serta membantu menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap laporan keuangan. Auditor yang gagal untuk mendeteksi kecenderungan manajer memanipulasi laporan keuangan, dapat memberikan opini yang salah atas laporan keuangan klien dan auditor beresiko untuk dituntut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: earning management, auditor litigation, discretionary accrual, corporations, finance
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:46
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item