Logo

GENDER DAN PLACE ATTACHMENT PADA COFFEE SHOP DI BANDUNG (STUDI KASUS ROEMAH KOPI)

Setiati, Grace and Santosa, Imam and Syarief, Achmad (2015) GENDER DAN PLACE ATTACHMENT PADA COFFEE SHOP DI BANDUNG (STUDI KASUS ROEMAH KOPI). Jurnal Sosioteknologi, 14 (3). pp. 298-310. ISSN 1858-3474

[img] PDF
Download (551Kb)

    Abstract

    Coffee shop saat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menikmati kopi, tetapi telah menjadi tempat bersosialisasi, hiburan dan produktivitas. Beberapa pengunjung coffee shop memiliki kecenderungan untuk beraktivitas dan menghabiskan waktu di coffee shop secara berkala, sehingga secara tidak sadar penggunaan ruang yang berulang dapat menciptakan keterikatan emosi pada tempat (place attachment). Penelitian ini membahas tentang tingkat keterikatan terhadap ruang antara responden laki-laki dan perempuan di coffee shop. Metode penelitian pendekatan kuantitatif survey dengan menyebarkan kuisioner kepada 36 orang pengunjung coffee shop, menggunakan metode analisis uji beda rata-rata dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterikatan terhadap ruang di Roemah kopi tergolong dalam kategori sedang dan hasil hipotesa tidak terbukti karena tidak terdapat perbedaan tingkat keterikatan antara responden laki-laki dan perempuan. Penelitian ini memberikan referensi untuk penelitian lebih lanjut tentang place attachment pada ruang publik.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: gender, place attachment, coffee shop
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 18 May 2016 18:09
    Last Modified: 05 Sep 2016 22:44
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18004

    Actions (login required)

    View Item