Logo

PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL UNTUK PENINGKATAN KESADARAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN MENGAJAR ANAK SEKOLAH TK

WAHYUDI, RAYMOND and Linawati, Nanik (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL UNTUK PENINGKATAN KESADARAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN MENGAJAR ANAK SEKOLAH TK. In: Conference on Innovation and Application of Science and Technology, 12-09-2018 - 12-09-2018, Malang - Indonesia.

[img] PDF
Download (507Kb)

    Abstract

    Generasi milenial semakin kurang memiliki kesadaran sosial dalam hidup bermasyarakat pada era globalisasi ini. Hal tersebut berakibat pada buruknya perkembangan kepribadian karena kurangnya interaksi sosial yang riil. Fakta tersebut juga berlaku pada kondisi generasi milenial dalam peran sebagai mahasiswa. Universitas Kristen Petra selaku perguruan tinggi yang menjadi wadah pembelajaran mahasiswa mengadakan program service learning untuk mengatasi persoalan tersebut. Kegiatan mengajar anak TK merupakan salah satu bentuk program service learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran sosial bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah observer as participant. Partisipan dari kegiatan ini adalah mahasiswa semester 3 dan 4 dari program studi manajemen keuangan, Mahasiswa dibagi dalam 13 kelompok dan membawakan materi mengenai menabung. Masing-masing kelompok mengumpulkan laporan kegiatan dan hasil refleksi yang diperoleh. Hasil pengamatan dan laporan yang diperoleh menunjukkan mahasiswa mendapatkan dampak positif dari program service learning tersebut. Kegiatan ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan kepedulian dan kecerdasan sosial. Perkembangan tersebut akan berdampak bagi pengembangan diri mahasiswa sebagai generasi milenial.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Kesadaran sosial, generasi milenial, keuangan, anak TK
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 13 Sep 2018 01:45
    Last Modified: 26 Nov 2018 18:28
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18032

    Actions (login required)

    View Item