Logo

PENGARUH COST, FASILITAS DAN HASIL KEPUTUSAN MEMBELI HUNIAN APARTEMEN TERHADAP EXPERIENCE PENGHUNI APARTEMEN DI SURABAYA

MEIRANTI, EVELIN and Linawati, Nanik (2018) PENGARUH COST, FASILITAS DAN HASIL KEPUTUSAN MEMBELI HUNIAN APARTEMEN TERHADAP EXPERIENCE PENGHUNI APARTEMEN DI SURABAYA. In: Seminar Nasional Kewirausahaan & Inovasi Bisnis VIII, 03-05-2018 - 03-05-2018, Jakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (827Kb)

    Abstract

    Kepraktisan dan keamanan merupakan alasan utama bagi masyarakat perkotaan saat ini untuk memilih apartemen sebagai hunian. Hunian merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Pada umumnya masyarakat Indonesia lebih menyukai tinggal di rumah di bandingkan dengan apartemen. Namun, adanya perubahan tuntutan kebutuhan hidup seperti keinginan untuk memiliki hunian yang praktis, aman dan dekat dengan fasilitas umum merupakan dorongan bagi masyarakat di era ini untuk memilih apartemen sebagai hunian. Dalam sepuluh tahun terakhir, pembangunan apartemen di Surabaya berlangsung dengan pesat. Hal ini di buktikan pada tahun 2018 telah di bangun sekitar dua puluh sembilan apartemen yang sudah jadi dan dua puluh sembilan apartemen dalam masa pembangunan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh variabel cost, fasilitas dan hasil keputusan membeli hunian apartemen terhadap experience penghuni apartemen. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu partial least square dan correspondence analysisis, dengan melibatkan seratus responden yang merupakan pemilik dan penghuni apartemen di Surabaya. Profil pemilik dan penghuni apartemen di Surabaya adalah orang yang menyukai kehidupan yang praktis, fleksibel dan kemudahan akses terhadap fasilitas umum. Selain itu, sebagian besar penghuni apartemen sudah berkeluarga dan memiliki maksimal tiga orang anak. Sebagian besar responden memilih KPR atau In-House sebagai metode pembayaran. Hasil uji statistik membuktikan bahwa variabel cost dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap experience penghuni apartemen. Sedangkan variabel hasil keputusan menghuni apartemen tidak berpengaruh signifikan terhadap experience penghuni apartemen.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: apartemen, cost, fasilitas, hasil keputusan membeli apartemen dan experience
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 15 May 2018 23:14
    Last Modified: 04 Sep 2018 15:54
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18033

    Actions (login required)

    View Item