Logo

Peran pemerintah, industri ritel, dan masyarakat dalam membatasi penggunaan kantong plastik sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan

Adiwijaya, Michael (2011) Peran pemerintah, industri ritel, dan masyarakat dalam membatasi penggunaan kantong plastik sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan. In: Seminar Nasional Lingkungan Hidup 2009, 26-05-2011 - 16-05-2009, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (166Kb)
    Official URL: www.petra.ac.id

    Abstract

    Sampah plastik tergolong dalam sampah non organik yang sangat berbahaya bagi lingkungan karena sulit dan membutuhkan waktu dan proses yang lama yaitu 1.000 tahun untuk dapat diuraikan secara alami di tanah dan 450 tahun untuk terurai di air. Produk kantong plastik sebagai penyumbang terbesar dari sampah plastik berasal dari aktivitas bisnis ritel dalam kehidupan masyarakat sehari – hari di seluruh penjuru dunia. Antisipasi atas meningkatnya sampah plastik telah dilakukan secara internasional dimana telah banyak negara yang sadar dan mulai melakukan program – program untuk melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik dalam aktivitas ritel. Keberhasilan dari program tersebut ditentukan oleh adanya tiga peran yaitu peran dari pemerintah selaku regulator, peran dari pebisnis ritel sebagai pelaku pasar, dan peran dari masyarakat selaku konsumen yang menggunakan dan mengelola limbah kantong plastik.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Kantong plastik, Lingkungan, Peran bisnis ritel, Peran Pemerintah, Peran masyarakat
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 29 Apr 2016 05:25
    Last Modified: 02 Sep 2016 17:00
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18241

    Actions (login required)

    View Item