Logo

Evaluasi Performa Ruang Kuliah di Kampus X

Wibowo, Mariana and Tedjokoesoemo, Purnama Esa Dora (2018) Evaluasi Performa Ruang Kuliah di Kampus X. Jurnal Humaniora, Volume (No.1). pp. 15-22. ISSN 1693-8925

[img] PDF
Download (2583Kb)

    Abstract

    Dalam proses penilaian bangunan ramah lingkungan (green building assessment), proses Evaluasi Pasca Huni atau Post Occupancy Evaluation (POE) merupakan salah satu proses penilaian yang wajib dilakukan berkala. Pada tahun 2015, Kampus X membangun Gedung yang baru sebagai bagian pengembangan fisik kampus guna merespons tingkat okupansi dan peminatan yang semakin tinggi. Gedung yang baru merupakan gedung yang mengacu pada konsep bangunan ramah lingkungan dan akan menjadi salah satu landmark kota Surabaya. Sebagai fasilitas edukasi, ruang kelas merupakan fasilitas utama yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu hasil evaluasi pasca huni yang dilakukan pada ruang kelas gedung yang lama sangat penting untuk dilakukan untuk menjadi acuan referensi pembangunan serta pengembangan fasilitas ruang kelas Gedung yang baru mendatang. Penelitian ini dilakukan dengan metode campuran yang mengolaborasikan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif dan melibatkan mahasiswa sebagai responden. Hasil evaluasi pasca huni ruang kelas untuk mahasiswa desain interior di gedung yang lama menunjukkan bahwa performa ruang kelas dipersepsikan baik oleh mahasiswa. Ruang kelas dengan kapasitas sedang memiliki performa keseluruhan yang lebih baik daripada ruang kelas kapasitas besar. Namun demikian, ada beberapa aspek yang harus diperbaiki yaitu aspek yang berhubungan dengan kebersihan, elemen pengisi ruang, kebisingan, dan suhu udara.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pasca Huni, ruang kelas, performa, kampus X, Surabaya
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 22 Oct 2018 19:02
    Last Modified: 16 Apr 2019 15:59
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18246

    Actions (login required)

    View Item