Logo

Penerapan Appreciative Inquiry di Departemen Matakuliah Umum (DMU) di Universitas XYZ

Azaria, Sally (2016) Penerapan Appreciative Inquiry di Departemen Matakuliah Umum (DMU) di Universitas XYZ. INSAN, Vol. 1 (No. 2). pp. 125-133. ISSN 2528-0104

[img] PDF
Download (3326Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (3326Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (695Kb) | Preview

        Abstract

        Merupakan sebuah keniscayaan apabila setiap organisasi, termasuk organisasi pendidikan mencanangkan dan mengalami perubahan. Visi yang dimiliki oleh suatu organisasi adalah acuan arah dari perubahan yang diinginkan. Setiap bagian di dalam organisasi seharusnya bergerak ke arah visi dari organisasi tersebut. Penelitian ini diadakan di Departemen Matakuliah Umum (DMU) Universitas XYZ. Penelitian ini berfokus untuk melakukan perubahan untuk meningkatan kualitas belajar mengajar, secara khusus menyusun standar materi kuliah DMU di Universitas XYZ. Penelitian ini akan difokuskan untuk memberikan peningkatan kapasitas DMU untuk melakukan perubahan dengan menemukan inti perubahan menggunakan metode Appreciative Inquiry dan melakukan perubahan dengan menggunakan dasar beberapa langkah perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Visi perubahan dalam penelitian ini diterjemahkan dalam suatu rencana kerja jangka panjang. Rencana kerja yang diambil setelah menjalani semua proses penelitian ini adalah: materi perkuliahan, perilaku dosen, dan manajemen DMU.

        Item Type: Article
        Additional Information: cek similarity di link sbb https://www.turnitin.com/t_inbox.asp?r=52.5103443268453&svr=327&lang=en_us&aid=80168424
        Uncontrolled Keywords: appreciative inquiry, manajemen perubahan, pengembangan organisasi
        Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
        Divisions: UNSPECIFIED
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 22 May 2019 22:37
        Last Modified: 22 Jul 2019 11:05
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18282

        Actions (login required)

        View Item