Logo

Identifikasi Penerapan Design Thinking dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor

DEWI, SAVITRI KARTIKA and CHANDRA, ERLINA KURNIA and Yong, Sherly De (2018) Identifikasi Penerapan Design Thinking dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor. In: Seminar Nasional Seni dan Desain 2018 , 25-10-2018 - 25-10-2018, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (426Kb)
    [img] PDF
    Download (2420Kb)

      Abstract

      Design Thinking sebagai pola berpikir kreatif diterapkan dalam pembelajaran perancangan desain interior maupun arsitektur. Program studi desain interior Universitas Kristen Petra juga menerapkan proses ini dalam pembelajarannya dengan lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Mata kuliah teori dan praktek Desain Interior dan Styling 2 di Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra berupa ruang semi‐publik, yaitu ruang kerja (workspace) yang mengakomodasikan aktivitas bekerja baik kerja administratif, kreatif dan terapan maupun produksi dari permasalahan riil. Teori dan praktik berkaitan dengan pengertian, permasalahan, dan terapan desain ruang kerja. Mahasiswa diharapkan mampu memahami teori, merumuskan permasalahan, dan memberikan solusi ruang kerja melalui desain komprehensif secara fungsi, teknis dan estetis. Penekanan konseptual dengan pendekatan penciptaan ruang yang ��kondusif‐efektif‐efisien�� dan sesuai dengan image perusahaan (brand‐image/corporate identity/ visi‐misi perusahaan) untuk mengoptimalkan produktivitas kerja dengan penerapan proses design thinking. Metode yang dilakukan oleh mahasiswa bisa berbeda satu sama lain, oleh karena itu perlu diidentifikasi metode yang dipakai tiap tahapan untuk mencapai hasil yang sesuai dengan harapan. Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan interview contextual inquiry untuk mendapatkan proses design thinking dari empat mahasiswa program studi desain interior Universitas Kristen Petra, yang akan diidentifikasi sebagai analisa apakah proses kegiatan dan hasil yang dilakukan sesuai dengan acuan yang ditetapkan. Dari analisis ini, dapat disimpulkan bahwa proses design thinking sebagai tuntutan tugas di tiap tahapannya bisa sama dan bisa bervariasi metodenya seperti pemilihan metode menggunakan affinity diagram, empathy map, dan lain-lain

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: design thinking, pembelajaran, perancangan, kantor
      Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
      Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 05 Nov 2019 21:52
      Last Modified: 11 Nov 2019 19:40
      URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18489

      Actions (login required)

      View Item