Logo

Optimasi Ukuran Penampang Rangka Batang Baja Berskala Besar berdasarkan SNI 1729:2015 dengan Metode Symbiotic Organisms Search

Tjong, Wong Foek and Prayogo, Doddy and PUTRA, REINARD EKA and JOSEPH, JAN (2019) Optimasi Ukuran Penampang Rangka Batang Baja Berskala Besar berdasarkan SNI 1729:2015 dengan Metode Symbiotic Organisms Search. In: Seminar HAKI-ISSC 2019, 21-11-2019 - 21-11-2019, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (957Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)
      Official URL: http://haki.or.id/

      Abstract

      Struktur rangka batang yang ekonomis namun memenuhi persyaratan desain yang berlaku adalah tujuan dari perencana struktur. Dalam tiga dekade ini, banyak peneliti telah mengembangkan dan menerapkan berbagai metode optimasi metaheuristik dalam desain struktur rangka batang. Makalah ini menyajikan penerapan suatu metode metaheuristik yang mengadopsi hubungan simbiosis antar organisme dalam suatu ekosistem biologis, yang dinamakan symbiotic organisms search (SOS), dalam mengoptimasi ukuran penampang rangka batang baja berskala besar. Syarat desain yang dipakai adalah spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural, SNI 1729: 2015. Struktur yang ditinjau adalah rangka batang ruang kubah 120-batang dan rangka batang piramida 160-batang. Hasil optimasi dengan SOS kemudian dibandingkan dengan hasil optimasi menggunakan metode-metode metaheuristik lainnya dan suatu software komersial. Hasil studi menunjukkan bahwa SOS adalah metode dapat diandalkan untuk mengoptimasi struktur rangka batang berskala besar.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Additional Information: Tidak terdapat website resmi seminar, yang saya cantumkan website penyelenggara seminar. Juga tidak ada cover prosiding dan daftar isi.
      Uncontrolled Keywords: optimasi rangka batang, metaheuristik, SNI 1729:2015, symbiotic organisms search
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 07 Dec 2019 01:35
      Last Modified: 10 Jan 2020 21:30
      URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18534

      Actions (login required)

      View Item