Logo

Strategi Aliansi Pada Penerapan Teknologi Manufaktur Tingkat Lanjut ( AMT) di Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia

Rahardjo, Jani (2014) Strategi Aliansi Pada Penerapan Teknologi Manufaktur Tingkat Lanjut ( AMT) di Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia. In: Seminar Nasional Teknologi Industri 2014, 04-06-2014 - 05-06-2014, Jakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (156Kb)

    Abstract

    Studi ini mengidentifikasi penerapan penggunaan AMT pada UKM di Indonesia dan dampak strategi aliansi di UKM Indonesia. Strategi Aliansi memegang peranan penting dalam penerapan AMT di UKM Indonesia pada sektor Food, Herbal dan Kraft Tangan. Tujuh puluh enam persen dari total sampel 253 UKM menyatakan menggunakan AMT. Hal ini mengindikasikan bahwa bahwa UKM di Indonesia mempunyai misi operasi yang jelas dan berorientasi pada suatu proses produksi yang mempunyai kualitas produk yang tinggi untuk mencapai kepuasan pelanggan. Temuan kedua, prosentase penggunaan teknologi berperangkat keras lebih tinggi dari pada penggunaan teknologi berperangkat lunak pada UKM. Penggunaan teknologi berperangkat lunak dan berperangkat keras yang cukup tinggi merupakan sebuah upaya untuk peningkatan produktivitas dalam proses produksi. Temuan terakhir, Strategi Aliansi dengan Vendor/Pemasok, Universitas dan Pemerintah merupakan strategi aliansi yang paling tinggi pada saat penerapan AMT, strategi ini diperlukan karena Universitas dan vendor memberikan pengetahuan dan memperkenalkan teknologi tinggi kepada perusahaan pada tahap awal dan tahap instalasi. Pada tahap pengembangan AMT, strategi aliansi dengan government dilakukan untuk mendapatkan suatu regulasi dan peluang pendanaan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Advanced Manufacturing Technologies (AMT), Teknologi berperangkat Lunak dan Teknologi berperangkat Keras, Strategi Aliansi
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 01 Jul 2014 00:15
    Last Modified: 09 Sep 2014 15:24
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/18605

    Actions (login required)

    View Item