Logo

ETNOGRAFI KOMUNIKASI : Testimoni Empirik Spirit Keragaman Pada Komunitas Akar Rumput

Priyowidodo, Gatut (2020) ETNOGRAFI KOMUNIKASI : Testimoni Empirik Spirit Keragaman Pada Komunitas Akar Rumput. Komunikasi . Rajawali Pers JAKARTA. ISBN 9786232312913

[img] PDF
Download (1820Kb)
    [img] PDF
    Download (209Kb)

      Abstract

      Buku Etnografi Komunikasi: Testimoni Empirik Spirit Keragaman Pada Komunitas Akar Rumput, sejatinya merupakan hasil riset lapangan yang mengeksplorasi dua isu pokok yakni pertama, bagaimana wujud solidaritas warga masyarakat yang majemuk (dari segi agama) dan kedua, faktor-faktor apakah yang mempengaruhi terciptanya solidaritas dalam masyarakat yang berbeda agama tersebut? Riset ini secara serius berupaya mengungkap makna serta mendiskripsikan alasan-alasan apa di balik berbagai bentuk wujud solidaritas yang bisa ditampilkan di antara mereka. Oleh sebab itu riset ini menggunakan paradigma fakta sosial yakni kenyataan empirik yang bersifat material ataupun non material tetapi mengatasi individu untuk kemudian mempertanyakan (akibat, konskwensi atau efeknya) terhadap fakta sosial lain seperti integrasi nasional, demokrasi dan pranata politik lainnya. Pisau analisis etnografi komunikasi ini mengungkapkan secara jelas konteks sosio kultural ketika terjadi ketegangan politik tingkat lokal yakni sewaktu terjadi suksesi kepemimpinan struktur politik level Kepala Desa ketika Orde Baru begitu dominan. Sekaligus menjadi refleksi memahami polarisasi antara kekuatan Islam dan Kristen (yang tahun 1966 sempat mencuat) ketika Indonesia memasuki era disrupsi ekonomi-politik 2020 ini . Tetapi menariknya, legasi ketegangan tersebut semakin lunak dan cair tatkala mereka menyadari bahwa sejatinya mereka adalah komunitas akar rumput satu trah Kontribusi kongkrit kajian ini adalah pada masyarakat pluralis tetap terbuka pertukaran pesan yang mengokohkan ikatan solidaritas sosial dan spirit mengapresiasi keragaman. Struktur organisasi desa dengan apparatus yang terlibat di dalamnya menjadi aktor kunci bagaimana pesan-pesan komunikasi itu saling didistribusi dan diresepsi dengan menghilangkan prasangka yang kontraproduktif.

      Item Type: Book
      Additional Information: Buku Referensi
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 10 Mar 2020 14:50
      Last Modified: 31 Aug 2020 22:18
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18862

      Actions (login required)

      View Item