Logo

Iklan Politik Sebagai Media Komunikasi Kandidat Dalam Kontestasi Politik Lokal ( Studi Analisis Isi Terhadap Iklan Politik Para Kandidat Calon Bupati & Wakil Bupati Sidoarjo Dalam Pilkada Serentak 2015)

Aritonang, Agusly Irawan (2016) Iklan Politik Sebagai Media Komunikasi Kandidat Dalam Kontestasi Politik Lokal ( Studi Analisis Isi Terhadap Iklan Politik Para Kandidat Calon Bupati & Wakil Bupati Sidoarjo Dalam Pilkada Serentak 2015). In: International Conference Of Communication, Industry, and Community . Bali 3-4 Maret 2016, 04-08-2016 - 04-08-2016, Bali - Indonesia.

[img] PDF
Download (5Mb)

    Abstract

    Abstrak Pilkada sebagai sebuah pesta demokrasi kembali berulang di tahun 2015 ini. Meski dengan format yang sedikit berbeda karena diadakan secara serentak di berbagai daerah di Indonesia namun tidak menyurutkan minat para kandidat untuk bertarung merebut hati para pemilih. Masing �masing pasangan calon menawarkan konsep maupun program yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media komunikasi. Iklan politik merupakan salah satu bentuk media komunikasi yang dipilih para kandidat sebagai sarana untuk memperkenalkan para kandidat. Tentu saja dalam konteks komunikasi politik hal ini penting mengingat membangun citra positif merupakan kunci untuk memenangkan pertarungan persepsi di benak pemilih. Kabupaten Sidoarjo ikut dalam tahapan pilkada serentak 2015. Untuk pilkada Kabupaten Sidoarjo ada 4 pasangan kandidat yang berkompetisi. Dinamika politik yang terjadi di kota Sidoarjo juga menarik untuk dicermati sekaligus menjadi menarik pula untuk dilakukan pengamatan terhadap media komunikasi berupa iklan politik di media massa yang digunakan oleh masing-masing pasangan kandidat. Tentu saja masing-masing kandidat secara sadar menampilkan citra dirinya dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat di daerah tersebut.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: iklan politik, citra, marketing politik.
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 08 Aug 2016 20:33
    Last Modified: 18 Sep 2018 03:57
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/19012

    Actions (login required)

    View Item