Logo

SERVICE-LEARNING DALAM PENDIDIKAN ARSITEKTUR: MOMEN KRITIS DALAM SUATU REFLEKSI

Soegondo, Sylviana Putri Sunario and Arifin, Lilianny Sigit (2020) SERVICE-LEARNING DALAM PENDIDIKAN ARSITEKTUR: MOMEN KRITIS DALAM SUATU REFLEKSI. [UNSPECIFIED]

[img]
Preview
PDF
Download (1172Kb) | Preview
    [img] PDF
    Download (2480Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (peer review - Sylviana)
      Download (321Kb) | Preview

        Abstract

        Selama bertahun-tahun, metode pembelajaran service-learning (pembelajaran berbasis layanan yang biasa kita sebut KKN) dipercaya sebagai metode yang tepat dalam pendidikan pengalaman karena berfokus pada inisiatif yang dapat mengubah kesejahteraan sosial individu dan komitmen siswa terhadap kesejahteraan masyarakat secara umum. Belajar memerlukan transformasi, baik secara individual maupun dari pengalaman dunia sosial melalui refleksi. Geleta dan Gilliam (2003) mengatakan bahwa refleksi adalah elemen kunci yang menghubungkan pengalaman pelayanan melalui cara yang bermakna dengan pikiran, sensasi dan nilai-nilai pribadi siswa. Ada empat elemen kunci untuk mendukung strategi efektif untuk refleksi yang bermakna: kesinambungan dan konektivitas dalam proses yang reflektif pada pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, tingkat pemikiran yang lebih tinggi, kepercayaan dan saling menghormati, dan refleksi kontekstual. Makalah ini mengeksplorasi implikasi refleksi kontekstual tentang momen kritis ketika pengalaman individu dibagikan dan menjadi pengetahuan implisit. Refleksi jurnal dari mahasiswa arsitektur semester 5 dikategorikan menggunakan metode analisis konten untuk menemukan pengalaman individu sebelum dan setelah melakukan proyek yang dapat dipahami sebagai pengetahuan implisit untuk menjadi pengetahuan eksplisit yang meningkatkan pengembangan karakter sebagai mahasiswa arsitektur.

        Item Type: UNSPECIFIED
        Uncontrolled Keywords: service- learning, pedagogi, refleksi.
        Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
        Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 30 Oct 2021 00:18
        Last Modified: 28 May 2022 11:37
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19366

        Actions (login required)

        View Item