Soegondo, Sylviana Putri Sunario and Arifin, Lilianny Sigit (2020) SERVICE-LEARNING DALAM PENDIDIKAN ARSITEKTUR: MOMEN KRITIS DALAM SUATU REFLEKSI. [UNSPECIFIED]
| PDF Download (1172Kb) | Preview | |
PDF Download (2480Kb) | ||
| PDF (peer review - Sylviana) Download (321Kb) | Preview |
Abstract
Selama bertahun-tahun, metode pembelajaran service-learning (pembelajaran berbasis layanan yang biasa kita sebut KKN) dipercaya sebagai metode yang tepat dalam pendidikan pengalaman karena berfokus pada inisiatif yang dapat mengubah kesejahteraan sosial individu dan komitmen siswa terhadap kesejahteraan masyarakat secara umum. Belajar memerlukan transformasi, baik secara individual maupun dari pengalaman dunia sosial melalui refleksi. Geleta dan Gilliam (2003) mengatakan bahwa refleksi adalah elemen kunci yang menghubungkan pengalaman pelayanan melalui cara yang bermakna dengan pikiran, sensasi dan nilai-nilai pribadi siswa. Ada empat elemen kunci untuk mendukung strategi efektif untuk refleksi yang bermakna: kesinambungan dan konektivitas dalam proses yang reflektif pada pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran, tingkat pemikiran yang lebih tinggi, kepercayaan dan saling menghormati, dan refleksi kontekstual. Makalah ini mengeksplorasi implikasi refleksi kontekstual tentang momen kritis ketika pengalaman individu dibagikan dan menjadi pengetahuan implisit. Refleksi jurnal dari mahasiswa arsitektur semester 5 dikategorikan menggunakan metode analisis konten untuk menemukan pengalaman individu sebelum dan setelah melakukan proyek yang dapat dipahami sebagai pengetahuan implisit untuk menjadi pengetahuan eksplisit yang meningkatkan pengembangan karakter sebagai mahasiswa arsitektur.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | service- learning, pedagogi, refleksi. |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 30 Oct 2021 00:18 |
Last Modified: | 28 May 2022 11:37 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19366 |
Actions (login required)
View Item |