Logo

STUDI SENSASI RUANG PADA MEDIA TUR VIRTUAL MUSEUM PENDIDIKAN SURABAYA

Redyantanu, Bramasta Putra and Damayanti, Rully (2021) STUDI SENSASI RUANG PADA MEDIA TUR VIRTUAL MUSEUM PENDIDIKAN SURABAYA. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (2499Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (1665Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peer review - Bramasta)
      Download (67Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (peer review - Rully)
        Download (2503Kb) | Preview

          Abstract

          Kondisi pandemi corona membuat sebagian besar dari kita beradaptasi dengan kebiasaan baru. Keterbatasan untuk menuju berbagai tempat wisata secara fisik, membuat alternatif objek wisata bermunculan. Salah satunya adalah wisata virtual, sebuah media digital yang diatur sedemikian rupa agar dapat memberikan pengalaman maupun sensasi akan sebuah ruang wisata. Salah satu objek yang paling banyak dikonversi ke dalam media digital adalah museum. Media yang digunakan juga beragam, tidak hanya sebatas foto foto tidak bergerak, namun ada video, bahkan tur virtual yang interaktif. Tur interaktif ini dinavigasikan oleh perangkat digital, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi ruang berjalan jalan layaknya berada pada bangunan fisik. Studi ini ingin mempelajari apakah tur virtual bisa menggantikan keseluruhan sensasi indera manusia, walaupun sebenarnya yang dominan adalah indera penglihatan. Ada anggapan bahwa sensasi kadang terbentuk dari memori dan persepsi yang sudah dimiliki oleh masing masing orang sebelumnya, tidak hanya sebatas rangsangan langsung pada masing masing indera.

          Item Type: UNSPECIFIED
          Uncontrolled Keywords: Sensasi Ruang, Arsitektur Virtual, Arsitektur Digital
          Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
          Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
          Depositing User: Admin
          Date Deposited: 26 Nov 2021 03:29
          Last Modified: 04 Jul 2022 09:28
          URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19367

          Actions (login required)

          View Item