Logo

PENGARUH FINANCIAL LITERACY, SELF-CONTROL,SELF-EFFICACYTERHADAP OTORITAS PENGAMBIL KEPUTUSAN KEUANGAN RUMAH TANGGA

LIE, TASYA and Evelyn, (2021) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, SELF-CONTROL,SELF-EFFICACYTERHADAP OTORITAS PENGAMBIL KEPUTUSAN KEUANGAN RUMAH TANGGA. In: Seminar Nasional Call For Paper Outlook 2022 : Transformasi UMKM di era pasar digital, 20-12-2021 - 20-12-2021, Sukoharjo - Indonesia.

[img] PDF
Download (3298Kb)
    [img] PDF
    Download (3095Kb)

      Abstract

      Pada tahun 2020 terdapat pandemiCovid-19 yang mengakibatkan keuangan rumah tangga masyarakat mengalami permasalahan, terutama pada Kota Balikpapan. Permasalahan keuangan ini menyebabkan terjadinya kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy, self-control in money matters, dan financial self-efficacyterhadap otoritas pengambil keputusan keuangan rumah tangga di kota Balikpapan. Sumber data pada penelitian ini melalui penyebaran kuesioner menggunakan link google formdengan metode analisa data SEM-Partial Least Square(PLS). Hasil analisa menunjukkan bahwa financial literacy, self-control in money matters, dan financial self-efficacysecara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap otoritas pengambil keputusan keuangan rumah tangga di kota Balikpapan. Tidak berpengaruhnya variabel financial literacydiakibatkan oleh tingkat financial literacy cenderung rendah, sehingga hal ini berkaitan dengan pengambilan keputusan keuangan rumah tangga. Pada self-control in money mattersdan financial self-efficacytidak berpengaruh secara parsial, dikarenakan rumah tangga di kota Balikpapan cenderung kurang memanfaatkan yang ada pada self-control in money matters dan financial self-efficacy.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: financial literacy, self-control in money matters,financial self-efficacy, otoritas pengambil keputusan keuangan rumah tangga
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economic > Finance Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 26 Apr 2022 06:14
      Last Modified: 01 May 2022 04:12
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19543

      Actions (login required)

      View Item