Logo

Peningkatan kualitas operasional rumah penginapan Griya Kusuma Indah Pacet

Kristanti, Monika and Thio, Sienny and Kartika, Endo Wijaya and Iskandar, Vido (2021) Peningkatan kualitas operasional rumah penginapan Griya Kusuma Indah Pacet. In: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 28-10-2021 - 28-10-2021, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (1123Kb)
    [img] PDF
    Download (5Mb)
      [img]
      Preview
      PDF (Paper - Endo)
      Download (2273Kb) | Preview
        Official URL: snpm3.petra.ac.id

        Abstract

        Sejak berdirinya tahun 2007, Griya Kusuma Indah (GKI) yang berlokasi di Pacet, menerima reservasi yang sifatnya terbatas, yaitu hanya menerima reservasi grup kegiatan keagamaan, organisasi ataupun perusahaan dan tidak menerima tamu individu. Hal ini menyebabkan segala sistem reservasi dikelola secara manual dimana organisasi/perusahaan melakukan reservasi hanya melalui telpon maupun whatapps dan hanya dilakukan pencatatan sederhana secara manual. Sejak adanya pandemi Covid-19, GKI tidak dimungkinkan untuk menerima reservasi grup sehingga tidak ada pemasukan untuk menutup biaya operasional sehingga akhirnya pengurus GKI membuka GKI sebagai rumah penginapan yang dapat menerima tamu individual ataupun tamu tanpa reservasi. Tetapi keinginan ini belum didukung oleh sistem reservasi, pembayaran, pemasaran, sumber daya manusia maupun fasilitas yang sesuai terutama dalam kondisi pandemi saat ini. Terkait permasalahan yang ada, tim dosen dari program Hotel Management Universitas Kristen Petra memberikan bantuan dan pendampingan berupa (1) pembuatan website yang juga berfungsi sebagai sistem reservasi dan pembayaran di Griya Kusuma Indah (2) pembuatan modul/panduan terkait kualitas layanan (3) pembuatan banner dan poster yang “menyerukan” protokol kesehatan yang harus dilakukan baik oleh karyawan maupun tamu yang datang, yang diletakkan di beberapa area yang mudah terlihat, dan (4) pembuatan video promosi. Selain melakukan hal di atas, maka tim dari program Hotel Management juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan sistem reservasi dan kualitas layanan, maupun membantu menentukan tipe dan harga jual kamar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tamu mudah untuk melakukan reservasi dan mendapatkan layanan yang baik sehingga tamu pada akhirnya menjadi puas. Ketika tamu puas, diharapkan tamu akan kembali ke Griya Kusuma Indah. Selain itu dengan adanya video yang ditampilkan di Instagram maupun website serta disebarkan ke beberapa organisasi juga akan semakin memperkenalkan Griya Kusuma Indah kepada masyarakat yang lebih luas.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Griya Kusuma Indah (GKI), sistem reservasi, kualitas layanan, protokol kesehatan
        Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
        Divisions: Faculty of Economic > Hotel Management Program
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 08 Nov 2021 22:17
        Last Modified: 22 Jun 2023 14:36
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19572

        Actions (login required)

        View Item