Logo

POLA KOMUNIKASI KELUARGA DI MATA GENERASI Z

Yoanita, Desi (2022) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DI MATA GENERASI Z. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (279Kb)
    [img] PDF
    Download (2860Kb)

      Abstract

      Relasi orang tua dan anak yang menginjak usia dewasa muda (Gen Z) bisa digambarkan sebagai �love and hate relationship�. Ketegangan muncul karena di usia tersebut anak sudah memiliki kesadaran akan kemandirian, sementara orang tua masih menjalankan otoritas penuh atas mereka. Pola Komunikasi Keluarga menggambarkan relasi orang tua dan anak dalam dua bentuk, yaitu conformity orientation dan conversation orientation. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi diterapkan dalam keluarga 10 informan yang berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif dan metode studi kasus. Peneliti menganalisis data hasil Focus Group Discussion (FGD) secara tematik dan menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) kebersamaan dalam keluarga memerlukan komitmen; 2) setiap keluarga memiliki batasan keterbukaan yang berbeda dan keterbukaan tidak selalu terjadi dua arah; 3) orang tua masih berotoritas atas isu jangka panjang atau yang membutuhkan dana besar; 4) memperlakukan anak sebagai orang dewasa merupakan wujud trust dan penghargaan orang tua; 5) relasi antara orang tua menjadi role model kehangatan dalam keluarga; 6) Ayah menjadi sosok penting dalam menciptakan kehangatan.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Keluarga, komunikasi orang tua�anak, komunikasi keluarga, Gen Z
      Subjects: H Social Sciences
      Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 09 Sep 2022 22:14
      Last Modified: 15 Sep 2022 17:05
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19712

      Actions (login required)

      View Item