Logo

Dedikasi Mahasiswa Teknik Sipil Pada Masa Era Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Margorukun I Bubutan Surabaya

Hermawan, Surya and ARIESTO, FRANKLYN and CHANDRA, MICHAEL (2021) Dedikasi Mahasiswa Teknik Sipil Pada Masa Era Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Margorukun I Bubutan Surabaya. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat-3, 28-10-2021 - 28-10-2021, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (191Kb)
    [img] PDF
    Download (622Kb)

      Abstract

      COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis corona virus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok. Semenjak kejadian tersebut, penerapan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring hampir di seluruh Indonesia. Begitu juga di kota Surabaya masih banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas contohnya Sekolah Dasar Margorukun, sehingga dipilihlah untuk dijadikan sebagai tempat kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan awal dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membuat dinding pembatas antar kelas dan memperbaiki pintu kelas yang telah rusak agar lebih aman dan nyaman sebagai dedikasi mahasiswa di masa pandemi. Metode kegiatan ini terdiri dari kegiatan pra pelaksaan yaitu survey tempat kegiatan. Kegiatan pelaksaan dilakukan oleh mahasiswa dengan membuat dinding pembatas kelas serta mengganti pintu kelas. Pada tahap paska pelaksanaan, monitoring dilakukan dengan pembuatan kuisoner untuk mengetahui tingkat kepuasan. Hal yang ditanyakan adalah pendapat mengenai kegiatan ini serta kegiatan belajar mengajar di era pandemi. Hasilnya adalah pembuatan dinding berguna dengan baik sebagai pemisah kelas maupun sebagai perangkat pembelajaran, untuk kondisi pintu masih baik walaupun terdapat pintu yang tidak dalam kondisi sempurna. Akibat adanya pandemi ini awalnya sekolah dilakukan secara online, tetapi terdapat beberapa masalah seperti tidak memiliki perangkat, tidak dapat tanya jawab secara langsung, tidak ada yang membimbing murid dengan efektif. Kemudian akhirnya diputuskan untuk Sekolah Margorukun kembali sekolah secara offline dan menggunakan kelas seperti awal agar pembelajaran menjadi efektif. Kesimpulan yang didapatkan dari kuisioner mengenai dampak pembangunan dinding serta pintu baru memiliki dampak positif bagi Kepala sekolah, guru, maupun murid untuk kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kedepannya akan ada lagi kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu Pendidikan yang ada di Indonesia.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pendidikan, Pembelajaran, Sekolah
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 16 Jan 2022 21:24
      Last Modified: 01 Sep 2022 18:33
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19742

      Actions (login required)

      View Item