Logo

Estimasi rugi-rugi energi pada sistem distribusi radial 20 kV dengan menggunakan pendekatan aliran daya pada program etap powerstation 4.0.0 studi kasus: sistem distribusi Jawa Timur penyulang G.I. Waru

Arauna, Radita Sonixtus (2008) Estimasi rugi-rugi energi pada sistem distribusi radial 20 kV dengan menggunakan pendekatan aliran daya pada program etap powerstation 4.0.0 studi kasus: sistem distribusi Jawa Timur penyulang G.I. Waru. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan energi listrik, dibutuhkan sistem tenaga listrik yang memiliki tingkat efisiensi yang baik. Salah satu faktor yang bisa digunakan untuk menentukan tingkat keefisiensiannya adalah dengan mengetahui besar rugi-rugi energi yang terjadi pada sistem. Tugas Akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui besar dari rugi-rugi energi yang terjadi dengan menggunakan pendekatan aliran daya yang dikerjakan dengan program komputer ETAP PowerStation demi mendapatkan hasil yang cepat dan akurat, dengan menggunakan 2 (dua) buah metode perhitungan yang berbeda, yakni metode Energy Load Flow dan metode Loss Factor. Berdasarkan hasil analisa, dengan menggunakan metode Energy Load Flow, didapatkan nilai dari rugi-rugi energi yang terjadi pada jaringan tegangan menengah adalah sebesar 0.92 % dan 1.32 % pada trafo distribusi. Sedangkan dengan menggunakan metode Loss Factor, didapatkan rugi-rugi energi pada jaringan tegangan menengah sebesar 0.85 % dan 1.29 % pada trafo distribusi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: energy losses, distribution system, load flow
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 18 Apr 2011 14:13
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item