Logo

Pengaruh entrepreneurial opportunity dan karakter psikologi terhadap keputusan alumni Universitas Kristen Petra untuk menjadi wirausaha

Purbadi, Eliya Pergiwati (2009) Pengaruh entrepreneurial opportunity dan karakter psikologi terhadap keputusan alumni Universitas Kristen Petra untuk menjadi wirausaha. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial opportunity dan karakter psikologi terhadap keputusan alumni Universitas Kristen Petra untuk menjadi wirausaha. Responden dari penelitian ini adalah alumni Fakultas Teknologi Industri, dimana data diambil dengan menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Model dengan bantuan software Smart Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial opportunity dan karakter psikologi berpengaruh terhadap keputusan alumni Universitas Kristen Petra untuk menjadi wirausaha sebesar 37,6%. Pada penelitian ini, wirausaha diwakili oleh indikator melakukan cara-cara/metode baru, membuka pasar baru, menemukan sumber-sumber baru, menemukan usaha, dan memiliki usaha. Entrepreneurial opportunity diwakili oleh indikator perubahan teknologi, perubahan politik, perubahan kebijakan, urbanisasi, ukuran populasi, pertumbuhan populasi, pergerakan polulasi, dan institusi pendidikan. Karakter psikologi diwakili oleh indikator locus of control, self efficacy, overconfidence, representatif, kebutuhan berprestasi, keberanian mengambil risiko, keinginan untuk mandiri, ramah, fleksibel, memeaafkan, toleransi dan inisiatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: entrepreneurship, entrepreneurial opportunity, psychological characteristic, petra christian university alumni
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 21:25
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item