Logo

Optimasi konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan pengaturan pada karburator

Sugianto, David (2002) Optimasi konsumsi bahan bakar pada sepeda motor dengan pengaturan pada karburator. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengingat kondisi jalan yang semakin padat, sepeda motor merupakan alat transportasi yang efektif untuk digunakan di kota ini. Sebagai alat transportasi tentunya memerlukan bahan bakar yaitu Premium, Premix atau Super TT. Pada saat ini harga dari bahan bakar tersebut naik dan tak murah lagi. Hal inilah yang mendasari penelitian dengan metode Taguchi, yang bertujuan mengoptimasi jarak tempuh per satuan volume bahan bakar. Dari hasil study didapatkan faktor-faktor ying dicurigai dan ditampilkan dalam bentuk fishbone diagram. Empat (4) faktor yang dominan dipilih untuk dieksperimentasikan. Empat faktor yang akan dieksperimentasikan ialah Nomer Main Jet (# 52, # 62, # 72), Nomer Pilot Jet (# 38, # 40, # 42), Jet Needle (alur 2, alur 3, alur 4), Air Screw (putaran 1 ?, putaran 1 ?, putaran 1 ?). Dari hasil analisa didapatkan bahwa kombinasi Nomer Main Jet (# 52), Nomer Pilot Jet (# 38), Jet Needle (alur 3), Air Screw (putaran 1 ?) dapat meningkatkan jarak tempuh per satuan volume bahan bakar hingga 63 km/liter.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: main jet, pilot jet, jet needle, air screw
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 17:14
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item