Logo

Griya terapi fisik dan psikis penderita kanker payudara di Surabaya

Permanafuri, Lucia Atika (2007) Griya terapi fisik dan psikis penderita kanker payudara di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Griya Terapi Fisik dan Psikis Penderita Kanker Payudara di Surabaya merupakan sebuah fasilitas terapi bagi wanita pasca masectomy (operasi pengangkatan payudara) stadium awal sampai menengah (dapat dioperasi),serta stadium akhir yang tidak dapat dioperasi lagi. Penyembuhan fisik diterapkan melalui kemoterapi dan radioterapi, sedangkan penyembuhan psikis dilakukan dengan teknik visualisasi, dancing therapy, dan theater therapy. Konsep perancangan griya terapi ini adalah reborn, yang didasarkan pada perjalanan psikologi wanita pengidap kanker payudara, mulai dari awal dia malu dan ragu untuk periksa, berpuncak pada penyangkalan dan depresi, berakhir pada penerimaan dan kelahiran psikis kembali. Reborn pada bangunan digambarkan sebagai dalam sebuah perjalanan dari satu tempat terapi ke tempat lain yang disertai tingkat perubahan psikologisnya sampai akhirnya wanita tersebut mengalami kelahiran psikis,dan dapat kembali ke masyarakat sekitarnya. Reborn juga diterapkan pada warna-warna penyembuhan khas wanita (pink,ungu muda,biru muda) serta ekspresi ramah dan feminin pada bangunan. Penataan lansekap dan pembauran para penderita dengan elemen alam berupa air,batu,tanah,tanaman juga sangat berperan dalam proses penyembuhan psikis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: house of physical and psychological therapy, breast cancer, reborn, dancing therapy, design concept
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:40
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item