Logo

Analisis atas hubungan motivasi leverage dan pergantian CEO terhadap earnings management pada industri real estate dan property

Gunawinata, Roby (2006) Analisis atas hubungan motivasi leverage dan pergantian CEO terhadap earnings management pada industri real estate dan property. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah earnings management dipengaruhi oleh motivasi leverage dan pergantian CEO. Penelitian ini dilakukan terhadap industri Real Estate dan Property untuk tahun 2001-2004 yang sudah go public di Bursa Efek Surabaya. Metode yang digunakan sesuai dengan yang digunakan oleh Dechow et. al (1996) yang dikutip dalam Widyaningdyah (2001:95), yaitu discretionary accruals sebagai proxy untuk mengukur earnings management. Setelah dilakukan pengujian, earnings management ternyata tidak dipengaruhi oleh motivasi leverage dan pergantian CEO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh karena kemungkinan sebagian besar hutang yang dicatat oleh industri real estate dan property yang menjadi sampel penelitian ini sebagian besar adalah uang muka pembelian dari pelanggan yang diakui sebagai hutang oleh perusahaan. Pergantian CEO tidak berpengaruh karena kemungkinan CEO baru tersebut melihat bahwa perusahaan berada dalam keadaan yang stabil dan tidak dalam keadaan rugi, maka CEO tersebut tidak melakukan earnings management untuk melakukan perubahan-perubahan pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: earnings management, leverage, discretionary accruals, cost, accounting, managerial
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:38
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item