Logo

Studi untuk mereduksi rugi-rugi energi dengan menganalisa loss situation, dan mengidentifikasi loss sources dalam jaringan distribusi tenaga listrik

Sombolinggi, Parrang P (2008) Studi untuk mereduksi rugi-rugi energi dengan menganalisa loss situation, dan mengidentifikasi loss sources dalam jaringan distribusi tenaga listrik. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sampai saat ini, rugi-rugi energi merupakan masalah yang tidak ada pemecahannya karena rugi-rugi energi ini tidak dapat dihilangkan secara menyeluruh. Namun demikian rugi-rugi ini dapat diminimalkan atau direduksi. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mereduksi rugi-rugi energi yang terjadi yaitu dengan menganalisa loss situation dan mengidentifikasi loss sources. Tugas Akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui besar rugi-rugi energi yang terjadi pada daerah yang memiliki tingkat rugi-rugi energi yang tinggi. Dengan menggunakan bantuan program ETAP Powerstation 4.0.0 akan didapatkan hasil berupa technical losses, yang selanjutnya dikalkulasikan dengan accounting losses yang diperoleh berdasarkan perhitungan menurut langkah-langkah dalam analisa loss situation dan identifikasi loss sources untuk mendapatkan nilai commercial losses yang merupakan total rugi-rugi energi. Berdasarkan hasil analisa, perhitungan rugi-rugi energi tahunan yang diperoleh dari ketiga penyulang yang dianalisa merupakan rugi-rugi energi yang cukup besar dimana penyulang Mayjend Sungkono merupakan penyulang dengan rugi-rugi energi tertinggi sebesar 16,964 %, Darmo Harapan 15,711 %, dan GH. Tambak Dono 13,855 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: energy losses, loss situation, loss sources, distribution network
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 21:12
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item