Logo

Simulasi dan analisis ketidakseimbangan beban trafo distribusi untuk identifikasi beban lebih dan estimasi rugi-rugi pada jaringan tegangan rendah pada PLN UJ Darmo Permai APJ Surabaya Selatan

Adisuwito, Dedy Widhianto (2008) Simulasi dan analisis ketidakseimbangan beban trafo distribusi untuk identifikasi beban lebih dan estimasi rugi-rugi pada jaringan tegangan rendah pada PLN UJ Darmo Permai APJ Surabaya Selatan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat sekarang ini tenaga listrik menjadi salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan industri. Tenaga listrik dihasilkan dari pembangkit-pembangkit seperti PLTA,PLTU, dan PLTD. Kemudian listrik yang dihasilkan tersebut didistribusikan ke konsumen-konsumen melalui jaringan distribusi. Salah satu sistem distribusi adalah sistem distribusi pada tegangan rendah (distribusi ke konsumen). Pada distribusi ke konsumen-konsumen terdapat losses dalam jaringan tersebut. Dan losses besarnya relative berbeda-beda antara system distribusi yang satu dengan yang lain. Bila losses tersebut kecil maka dapat diabaikan akan tetapi bila terlalu besar dapat merugikan PLN. Penyebab dari besarnya losses adalah ketidaksembangan beban,panjangnya suatu saluran dan ada juga factor-faktor lainnya. Bila ketidakseimbangan beban tinggi maka lossesnya akan ikut tinggi pula. Maka dari itu penyeimbangan beban pada jaringan diperlukan untuk mengurangi losses pada jaringan tersebut. Pada penyulang darmo permai losses daya yang terjadi pada keadaan beban tidak seimbang sebesar 53,7 kWatt dan setelah diseimbangkan menjadi 44,7kWatt. Jadi dalam hal ini losses berkurang sebesar 16,75%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: unbalance load at trafo, losses at network, over load
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 21:11
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item