Logo

Studi penggunaan transformator zig-zag 127 v / 220 v, 270 va hubungan Y-Z dalam mengurangi efek harmonisa kelipatan 3 (triple-n) pada sistem distribusi tenaga listrik

Darmono, Albert Agung (2008) Studi penggunaan transformator zig-zag 127 v / 220 v, 270 va hubungan Y-Z dalam mengurangi efek harmonisa kelipatan 3 (triple-n) pada sistem distribusi tenaga listrik. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan perkembangan teknologi, semakin banyak beban listrik yang merupakan beban listrik non-linier. Gangguan yang disebabkan oleh beban non-linier pada sistem kelistrikan disebut dengan harmonisa. Harmonisa triple-N adalah harmonisa kelipatan tiga yang mengalir di penghantar netral. Pada sistem jaringan tiga fasa dengan hubungan bintang, arus harmonisa triple-N pada tiap-tiap fasa tidak hilang namun terakumulasi pada konduktor netral, sehingga mengalami kelebihan arus dan menjadi panas. Salah satu alternatif solusi yaitu penerapan transformator zig-zag. Dalam Tugas Akhir ini, pengujian dilakukan dengan pengukuran karakteristik besaran listrik dan harmonisa pada simulasi sistem distribusi tenaga listrik dengan menggunakan 3 macam beban yaitu lampu hemat energi, komputer, dan jembatan diode penyearah 3 fasa. Dimana pengukuran dilakukan pada sistem dengan transformator zig-zag dan tanpa transformator zig-zag. Pada pengukuran dalam kondisi transformator star zig-zag dengan sumber tanpa sambungan netral, harmonisa ke-3 yang mengalir dari sumber listrik mengalami penurunan sebesar 96,36% dan diikuti dengan penurunan arus yang mengalir pada fasa penghantar sumber sebesar 24,31% pada beban lampu hemat energi. Sedangkan pada beban komputer, harmonisa ke-3 yang mengalir dari sumber listrik mengalami penurunan sebesar 95,83% dan diikuti dengan penurunan arus yang mengalir pada fasa penghantar sumber sebesar 3,57%. Pada beban jembatan diode penyearah 3 fasa, harmonisa ke-3 yang mengalir dari sumber listrik mengalami penurunan sebesar 91,67% tetapi arus yang mengalir pada fasa penghantar sumber mengalami peningkatan sebesar 17,39%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: zig-zag transformers and triple-n harmonics
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 01 Apr 2011 12:26
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item