Logo

Analisa efisiensi proses produksi dengan mempertimbangkan aspek efisiensi teknis dan ekonomis di PT. Surya Metalindo Semesta

Oetama, Lucky Steven (2001) Analisa efisiensi proses produksi dengan mempertimbangkan aspek efisiensi teknis dan ekonomis di PT. Surya Metalindo Semesta. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efisiensi berkaitan eral dengan produktivitas, semakin tinggi tingkat efisiensi maka akan semakin tinggi pula produktivitas yang dicapai. PT. Surya Metalindo Semesla adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi alat-alat alumuinium, selama ini belum pernah dilakukan pengukuran efisiensi proses produksi dalam Iingkup perusahaan. Pengukuran efisiensi dilakukan dengan menggunakan beberapa indikator yang diperkenaikan oleh Giancarlo Barhiroli dalam jurnalnya yang berjudul "New Indicators for Measuring The Manifold Aspects ofTechnical and Economic Efficiency of Production Processes and Technologies ". Indikator-indikalor yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah efisiensi siklus material, efisiensi lingkungan keseluruhan proses, efisiensi lingkungan produk akhir, efisiensi lingkungan siklus energi, efisiensi kualitas absolut produk, efisiensi kualitas konstan produk, efisiensi pengoperasian peralalan stalls, efisiensi volume produk dan efisiensi input. Analisa yang dilakukan akan memberikan gambaran sampai dimana tingkat efisiensi dari proses produksi yang telah dicapai perusahaan, sehingga dengan demikian akan dapat ditenlukan langkah-langkah apa yang harus diambil berkaitan dengan tingkat efisiensi tersebul. Kesimpulan dari hasil pengukuran ini adalah efisiensi teknis perusahaan berada pada tingkat sedang dan efisiensi ekonomisnya tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: process, eficiency, productivity
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:24
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item