Logo

Analisis biaya dengan menggunakan analisis value chain cost driver sebagai alat pengendali biaya dalam rangka menciptakan competitive advantage PT. "X" di Malang

Octavia, Feliana (2001) Analisis biaya dengan menggunakan analisis value chain cost driver sebagai alat pengendali biaya dalam rangka menciptakan competitive advantage PT. "X" di Malang. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam lingkungan kompetisi bisnis yang semakin ketat sangat sulit ditemukan suatu badan usaha yang terus-menerus bertahan di posisi atas. Ketatnya persaingan dan dalam menghadapi perdagangan bebas nanti membuat setiap badan usaha berusaha mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi. Ditambah lagi dengan adanya krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia, hal ini menyebabkan Semua badan usaha mengalami kesulitan untuk dapat survive atau bertahan hidup. Oleh karena itu suatu badan usaha harus mampu mencapai efisiensi biaya dan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik. PT "X" adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan keramik dengan berbagai macam model seperti piring, gelas, potry dan yang utama adalah vas bunga. Selma ini PT "X" dalam menganalisis biaya berdasarkan pada biaya tetap, biaya variabel dan biaya manufaktur, sedangkan pengevaluasian kinerja hanya dilakukan dengan membandingkan penerimaan dan pengelwan saja Pengalokasian biaya tersebut belum dapat memberikan informasi mengenai competitive advantage badan usaha. Dalam penelitian ini peneliti akan menganalisis biaya dengan menggunakan analisis value chain yaitu dengan mengelompokkan biaya-biaya dan aktiva tetap di sepanjang jalur value chain berdasarkan pada aktivitas nilai, dimana biaya-biaya ditetapkan pada aktivitas-aktivitas yang memerlukannya, sedangkan aktiva tetap ditetapkan pada aktivitas yang menggunakannya dan ditetapkan berdasarkan nilai buku. Setelah itu diterapkan analisis cost driver secara kualitatif sebagai alat pengendali biaya. Dengan menerapkan analisis value chain dan analisis cost driver secara tepat diharapkan PT `"X " dapat menekan biaya-biaya yang dikeluarkan dan meniadakan biaya yang tidak memberikan nilai tambah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: value, analysis, cost, control, accounting, competitive advantage
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 20:53
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item