Logo

Studi perhitungan kelongsoran embankment dengan menggunakan grafik pilot dan moreau

Oktianti, Betty Malina and L, Ivonny Alexandra W (2000) Studi perhitungan kelongsoran embankment dengan menggunakan grafik pilot dan moreau. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mekanika tanah untuk menentukan besarnya angka keamanan atau safety factor (SF) pada analisa stabilitas tanah yang miring (lereng) dipakai beberapa cara antara lain cara iteralif dan penggunaan program komputer. Namun cara-cara ini jika dipakai sebagai estimasi awal untuk menentukan SF dapat dikatakan terlalu kompleks, dikarenakan seperti misalnya pada program komputer dimana harus memasukkan sekian banyak angka sesuai parameter yang dibutuhkan, sedangkan pada cara iterasi dinilai terlalu rumit. Melihat penjelasan di atas maka dipakai sebuah solusi yaitu dengan menggunakan grafik Pilot and Moreau, dimana pada grafik ini hanya dibutuhkan sedikit parameter dan dinilai cukup sederhana untuk estimasi awal penentuan angka keamanan. Penelitian dilakukan dengan simulasi model menggunakan grafik Pilot and Moreau dan program STABGM, yaitu sebuah program yang sering dipakai dalam menentukan angka keamanan, sebagai pembandmg. Dari hasil penelitian bisa didapatkan batas-batas penggunaan grafik Pilot and Moreau secara lebih teliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 11 May 2011 13:09
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item