Logo

Analisa menu engineering pada produk red wine, white wine, rose wine dan champagne untuk memaksimalkan tingkat penjualan wine di Sheraton Surabaya Hotel and towers periode April - September 2003

Lieani, Ririn and Wijaya, Dessi Arei (2004) Analisa menu engineering pada produk red wine, white wine, rose wine dan champagne untuk memaksimalkan tingkat penjualan wine di Sheraton Surabaya Hotel and towers periode April - September 2003. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis membahas tentang wine society di Indonesia khususnya di Surabaya, bagaimana budaya minum wine yang berasal dari negara Barat itu, lambat laun mulai memberi pengaruh terhadap lifestyle Surabaya. Dalam pelaksanaannya, penulis mengambil lokasi observasi di Sheraton Surabaya Hotel and Towers. Penulis menggunakan teori-teori mengenai Wine, Menu Engineering, dan teori-teori yang mendukung kedua faktor diatas. Dalam mendukung penelitian, penulis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif sebagai pendukungnya. Dimana prosedur pengumpulan datanya melalui: studi kepustakaan, wawancara, dan observasi langsung. Teknik pengukuran yang dilakukan penulis menggunakan popularity index dan contribution margin. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan bantuan computer. Analisa data yang dihasilkan menunjukan bahwa produk Red wine merupakan menu item yang paling popular sedangkan menu item Champagne memiliki contribution margin yang tinggi. Dalam melakukan penelitian, penulis memberikan beberapa masukan bagi pihak hotel maupun saran, sehingga berguna bagi perkembangan pelaksanaan Menu Engineering dimasa akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: wine, popularity, contribution margin, menu engineering analysis
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 13:00
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

View Item