Logo

Perbaikan kualitas di PT PAS

Kristanto, Indera (1998) Perbaikan kualitas di PT PAS. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan di dunia industri akhir-akhir ini menjadi semakin ketat. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi suatu produk untuk dapat dibeli oleh konsumen menjadi semakin kompleks. Salah satu faktor penting bagi industri untuk dapat laku di pasar global adalah bersaing di bidang kualitas produk. Dimana kualitas suatu produk haruslah terus-menerus ditingkatkan mengikuti keinginan pasar. Peningkatan dan perbaikan kualitas di suatu perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah, karena hal tersebut hams melalui proses yang terus-menerus dan berkelanjutan. Dan dalam melakukan proses tersebut memerlukan biaya-biaya yang tidak sedikit. Biaya-biaya yang timbul untuk terus meningkatkan kualitas inilah yang disebut sebagai biaya kualitas. Kualitas produk yang telah menjadi baik, secara langsung akan mengurangi biaya kerugian, yang berakibat meningkatnya keuntungan perusahaan. Dengan konsep inilah, maka penelitian di PT. PAS dilakukan dengan mengambil data biaya kegagalan internal perusahaan sebagai acuan untuk mencari peluang perbaikan kualitas produk. Data kecacatan kemudian digunakan sebagai dasar penelusuran penyebab kecacatan, demi mereduksi biaya kerugian yang ada. Berdasarkan penelusuran penyebab kecacatan dapat dikatakan bahwa proses casting merupakan proses yang rawan, dimana pada proses inilah diperlukan perhatian ekstra untuk mengurangi kerugian yang timbul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: one-piece velg, crisis moneter, quality control, casting process, final product
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 20:12
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item