Logo

Usaha peningkatan kapasitas produksi dengan metode lean manufacturing dan line balancing di PT. FSCM Manufacturing Indonesia plant 4

T, Steven Ariyanto (2008) Usaha peningkatan kapasitas produksi dengan metode lean manufacturing dan line balancing di PT. FSCM Manufacturing Indonesia plant 4. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 2008 PT. FSCM mempunyai target untuk meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini sejalan dengan target pasar yang juga turut naik, terutama untuk komoditas ekspor. Usaha yang dilakukan adalah dengan membuat waktu setiap proses seimbang sehingga aliran proses menjadi lancar dan efisien. Selain itu, mesin-mesin baru yang selama ini belum beroperasi akan digunakan. Peningkatan yang dilakukan adalah dengan membagi beban kerja mesin sesuai dengan kapasitas mesin pada line seat assy. Pada akhir penelitian usulan yang diberikan dapat meningkatkan kapasitas yang ada sekarang sebesar 244.800 pieces menjadi 298.424 pieces. Cost man tour/pieces mengalami penurunan. Pada mesin welding cost man tour/pieces turun dari Rp. 10,24 menjadi Rp. 4,27. Pada mesin autoglue cost man tour/pieces turun dari Rp.40,98 menjadi Rp17,84.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: capacity, lean manufacturing, line balancing
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:14
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item