Logo

Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi pada PT. Steel Pipe Industry of Indonesia unit 2

Kaswara, Leliana and Santoso, Patricia (2008) Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi pada PT. Steel Pipe Industry of Indonesia unit 2. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi di PT. Steel Pipe Industry of Indonesia Unit 2 dengan menggunakan analisa faktor. Populasi seluruh karyawan pabrik sebanyak orang dengan sampel seluruh karyawan bagian produksi sebanyak 114 orang. Pengambilan sampel didasarkan pada kriteria di mana pada karyawan bagian produksi dapat terlihat komitmen yang tinggi berdasarkan waktu lama bekerja, di mana hal ini dapat diketahui melalui wawancara pada bagian HRD di perusahaan ini. Komitmen karyawan terhadap organisasi terdiri dari komitmen afektif, komitmen keberlanjutan, dan komitmen normatif. Dengan menggunakan analisa faktor dengan metode analisa faktor diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi komitmen afektif adalah faktor personal characteristics. Faktor yang mempengaruhi komitmen keberlanjutan adalah faktor freedom dalam menyelesaikan pekerjaan. Faktor yang mempengaruhi komitmen normatif adalah faktor organizational socialization. Sedangkan, faktor yang paling mempengaruhi komitmen karyawan terhadap organisasi adalah komitmen afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: employee commitment to organization, factor analysis
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:13
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item