Logo

Pengukuran kinerja hotel-hotel berbintang di Surabaya dengan menggunakan balanced scorecard sebagai alat pengukur kinerja

Sutanto, Benny Wijaya (2010) Pengukuran kinerja hotel-hotel berbintang di Surabaya dengan menggunakan balanced scorecard sebagai alat pengukur kinerja. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sampai saat ini sudah terdapat 27 (Tabel 1) hotel berbintang di kota Surabaya. Dengan banyaknya jumlah hotel berbintang tersebut maka tidak dapat dipungkiri akan membuat suasana bisnis hotel berbintang semakin kompetitif . Mengacu pada kondisi tersebut maka manajemen perlu memiliki peta perjalanan bisnis yang akurat dalam rangka memenangkan persaingan. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi sebuah perusahaan. Penilaian terhadap kinerja perusahaan semata-mata dari sisi keuangan akan dapat menyesatkan, oleh karena itu pengukuran kinerja harus mempertimbangkan 4 aspek dalam Balanced Scorecard yaitu aspek keuangan (Financial Perspective), aspek pelanggan (Customer Perspective), aspek proses bisnis internal (Internal Business Process Perspective), aspek pembelajaran dan berkembang (Learning and Growth Perspective). Hasil pengukuran kinerja hotel berbintang di Surabaya dengan Balanced Scorecard menunjukan hasil kinerja yang sangat bagus pada aspek Learning and Growth dan aspek Customer. Sedangkan pada aspek Internal Business Process dan aspek Financial menunjukan hasil kinerja yang bagus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: performance measurement, balanced scorecard
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 16:50
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item