Logo

Perancangan komik bertema cerita pewayangan seri mahabharata dalam lakon sumpah Dewi Anggendari karya Heroesoekarto bergaya Indonesia Tempo Doeloe

Fransiska, Maria Shierly (2007) Perancangan komik bertema cerita pewayangan seri mahabharata dalam lakon sumpah Dewi Anggendari karya Heroesoekarto bergaya Indonesia Tempo Doeloe. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komik "Seri Mahabharata: Sumpah Dewi Anggendari" merupakan karya bertema cerita pewayangan yang diambil dari seri Mahabharata karya Heroesoekarto. Komik ini menggunakan gaya gambar realis "Indonesia tempoe doeloe" dengan menggunakan mix media. Tujuan perancangan komik "Sumpah Dewi Anggendari" selain untuk mengkaitkan pesan moral dalam kisah Dewi Anggendari dari segi cerita di dalamnya maupun melalui karakterisasi para tokoh yang dihubungkan dengan realita yang ada di masyarakat sehingga pesan-pesan komik ini menjadi refleksi sosial khususnya bagi remaja, juga untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan visualisasi cerita pewayangan yang hampir tidak dikenal lagi oleh remaja, agar dapat memberikan manfaat untuk wacana komik Indonesia dan menarik minat pembaca khususnya remaja karena pendekatan verbal-visualnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: comic, mahabharata, shadow puppet, mixed media, commercial art, graphic design
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:05
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item