Logo

Penerapan business process analysis dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya pada proses pemasaran PT. SS Utama di Surabaya

Arisona, Chesy (2002) Penerapan business process analysis dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya pada proses pemasaran PT. SS Utama di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Business Process Analysis sebagai kunci pertama dari Total Cost Manajemen merupakan teknik dasar dalam memahami, menganalisis, dan meningkatkan kinerja badan usaha yang tidak memandang badan usaha sebagai kumpulan fungsi yang terpisah, melainkan sebagai kumpulan proses. Teknik ini selain berorientasi terhadap kepuasan konsumen, juga berorientasi pada penurunan siklus waktu dan upaya meminimalkan biaya. Analisis yang dilakukan dimulai dengan mengembangkan business process model lalu mengembangkan definisi aktivitasnya kemudian melakukan process value analysis serta mengembang- kan rencana perbaikan. Sehubungan dengan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat adalah ?bagaimana menerapkan business process analysis pada proses pemasaran PT. SS Utama sebagai upaya meningkatkan efisiensi biaya pemasarannya. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif berupa studi kasus dengan objek penelitian PT. SS Utama. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dan tidak langsung (telepon), observasi, dan dokumentasi. Responden penelitian adalah kepala bagian pemasaran dan karyawan bagian pemasaran. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif serta mengikuti langkah-langkah dalam business process analysis. Dan hasil penelitian ditemukan adanya beberapa masalah dalam aktivitas- aktivitas yang dilakukan yang merupakan aktivitas yang tidak memberi nilai tambah (non value added activity) yaitu gaps, innefficiency dan waste yang harus dikurangi agar biaya menjadi efisien. Setelah dilakukan reduksi terhadap aktivitas yang mengandung masalah-masalah tersebut maka efisiensi terhadap biaya pemasaran PT. SS Utama dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: cost, accounting, business process analysis, marketing
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 14:04
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item