Logo

Analisa penerapan customer relationship management melalui Matahari Club Card di Surabaya.

Winoto, Christina (2005) Analisa penerapan customer relationship management melalui Matahari Club Card di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan PT. Matahari Puta Prima Tbk. merupakan perusahaan ritel terbesar di Indonesia. Dengan menerbitkan kartu anggota Matahari Club Card (MCC), Matahari menggunakan database customer untuk mengenal konsumen lebih baik dan membangun hubungan yang baik dengan dan pelanggan untuk memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (win-win solution) melalui penerapan Customer Relationship Management. Matahari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dengan memberikan nilai bagi pelanggan yang berupa pengalaman belanja dan manfaat, serta poin MCC sebagai rewards untuk konsumen. Untuk mengetahui analisa penerapan Customer Relationship Management maka dilakukan penelitian dengan data kualitatif, yaitu dari data internal perusahaan dimana MDS telah menerapkan CRM dengan baik. Dari penyebaran kuisoner selama bulan Desember 2004 - Januari 2005 yang dianalisa dengan tabel frekuensi menunjukkan bahwa konsumen memberikan tanggapan yang baik terhadap penerapan Customer Relationship Management melalui pemberian nilai pelanggan dan poin. Serta dilakukan analisa Crosstabs dimana secara garis besar untuk frekuensi belanja dan poin MCC konsumen Surabaya rata-rata yang tertinggi adalah konsumen wanita, yang bekerja sebagai ibu RT dan pegawai swasta. Juga kelompok konsumen yang berpendapatan Rp.1.000.000- Rp.3.000.000.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, customer value, rewards.
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 14:03
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item