Logo

Penetapan metode taguchi dalam perancangan mutu produk di PT. ITI

Hongdoyo, Yerry (2001) Penetapan metode taguchi dalam perancangan mutu produk di PT. ITI. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. ITI merupakan perusahaan tinta cetak yang memproduksi tinta cetak standar dan tinta cetak yang sesuai dengan permintaan pelanggan atau tinta order khusus. PT. ITI selama ini didalam merancang mutu produk untuk order khusus selalu menggunakan metode triall and error. Penelitian ini ditujukan untuk membantu PT. ITI di dalam perancangan mutu produk, yaitu dengan menerapkan metode Taguchi untuk memperoleh faktor-faktor penyusun tinta yang mempunyai efek terhadap output kualitas akhir yang diminta dan sekaligus menemukan level optimal dari faktor penyusun tinta. Adapun cara yang dilakukan pertama adalah merancang eksperimen dengan memilih faktor-faktor penyusun tinta yang akan dievaluasi dan ditempatkan ke dalam orthogonal array yang dikembangkan oleh Taguchi yaitu L27, kemudian melakukan eksperimen sesuai dengan rancangan yang ada dan menganalisa hasil eksperimen dengan analisa faktor, tabel ANOVA untuk tiap respon, plot efek faktor utama untuk mencari level optimal tiap faktor, dan perbandingan h a d analisa faktor dengan hasil analisa tiap respon. Dari hasil analisa yang dilakukan tersebut didapatkan faktor-faktor yang mempunyai efek untuk tiap respon yang ada, dan juga level optimal untuk masing-masing faktor, serta didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap tinta adalah faktor Auenis resin) dan E(% resin) sehingga untuk order umum, yang mana tidak ada prioritas kualitas, maka cukup kedua faktor ini saja yang diperhatikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: taguchi, methods, quality, control, product
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:22
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item