Logo

Pengukuran dan analisa kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard di PT. "X"

Octavia, Renny (2001) Pengukuran dan analisa kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard di PT. "X". Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus tentang pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard di PT"X". Penelitian ini dilakukan karena pengukuran yang ada selama ini hanya menggunakan pengukuran dari sudut pandang finansial. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membangun sistem pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard (sistem pengukuran yang menggunakan pengukuran dari 4 perpective, yaitu financial, customer, Internal business process, dan learning and growth per (pective) dan menganalisa kinerja PT"X" untuk mengetahui faktor utama yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuatitatif bagian keuangan, penjua1an, produksi, personalia; wawancara dan metode pengamatan di bagian produksi dan manajemen. Penelitian dimulai dengan mentranslasikan visi dan strategi perusahaan kedalam setiap tujuan yang akan dicapai pada 4 pespective sehingga terbentuk sistem pengukuran yang terintegrasi, kemudian dilakukan perencanaan strategi untuk masing-masing perspective. Setelah itu dilakukan pembobotan pada masing-masing ukuran yang sudah ditetapkan, untuk membangun sjstem pengukuran kinerja. Berdasarkan pada hasil perancangan kinerja tersebut, dilakukan penilaian kinerja di PT"X" untuk tahun 1999 dan 2000, sehingga dapat diketahui kinerja untuk masing-masing ukuran maupun kinerja secara keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kinerja yang meningkat untuk financial, customer dan learning and growth perspective, sedangkan untuk internal busines~. process perspective menunjukkan kinerja yang tetap berada di level yang buruk. Berdasarkan analisa, faktor utama yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan adalah pada penyelesaian order tepat waktu untuk produk ekspor, perbaikan proses kualitas yang dipengaruhi oleh peningkatan %pemenuhan target produksi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: production, planning, work, balanced scorecard
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 12:32
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item