Logo

Studi mengenai pengaturan putaran turbin generator pada pembangkit mikrohydro dengan menggunakan Electronic Load Controller

Wirawan, Hendy (2000) Studi mengenai pengaturan putaran turbin generator pada pembangkit mikrohydro dengan menggunakan Electronic Load Controller. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pembangkit listrik hidro ada dua macam sistem pengaturan putaran turbin-generator yaitu governor (sistem pengaturan air) dan electronic load controller (ELC). Governor harganya mahal sekali kadang-kadang sama atau melebihi harga turbin generator. Oleh karena itu dibuatlah sistem pengatur beban secara electronis (ELC). Pembangkit mikrohidro merupakan pilihan yang tepat bagi pemenuhan kebutuhan energi untuk daerah-daerah pedesaan yang jauh dari jaringan listrik makro. Pada pengoperasian pembangkit mikrohidro ini masalah yang sering timbul adalah pada pengaturan putaran turbin generator, yaitu menjaga agar putaran turbin generator selalu konstan jika terjadi perubahan beban. Bila putaran turbin konstan akan menghasilkan frekuensi listrik yang konstan pula. Dalam kenyataan beban konsumen (pelanggan) tidak selalu konstan, selalu berubah-ubah sesuai permintaan. Hal ini menyebabkan putaran turbin generator berubah-ubah. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah dalam pengaturan beban, maka pada sisi penyaluran daya ditambahkan beban tiruan yang dinamakan beban komplemen. Dengan demikian perubahan beban yang terjadi pada konsumen akan diimbangi secara otomatik oleh ELC (Electronic Load Controller). Dalam tugas akhir yang berupa studi literatur ini ditunjukkan suatu simulasi tentang rangkaian electronic load controller yang rujuannya adalah untuk menggambarkan cara kerja sistem pegaturan beban pada generator. Rangkaian kontrol elektronis ini disimulasikan dengan menggunakan ELWB 5.0 (Electronics Workbench). Simulasi hanya menunjukkan hasil perbagian dengan baik, tetapi tidak keseluruhan sistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: control system, turbine generator, microhydro
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 19:54
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item